Mengetahui Penyebab Angin Bisa Bertiup Kencang

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Mengetahui Penyebab Angin Bisa Bertiup Kencang . Disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Angin
Pengertian Angin secara umum
Angin adalah udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara dengan arah aliran angin dari tempat yang memiliki tekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah, atau dari daerah yang memiliki suhu/temperatur rendah ke wilayah bersuhu tinggi.
Pengertian Angin Menurut Para Ahli
1. Buys Ballot
Buys Ballot adalah ahli ilmu cuaca, pengertian Angin menurutnya adalah massa udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum.
2. Stevenson
Kekuatan angin berbanding lurus dengan gradien barometriknya. Gradien barometrik adalah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar pada jarak lurus 111 km.
3. Encyclopedia Brittanica
Angin dalam klimatologi adalah pergerakan udara relatif ke permukaan bumi. Angin memainkan peran penting dalam menentukan dan mengendalikan iklim dan cuaca.
4. Natioanal Grographic
Angin adalah pergerakan udara yang disebabkan oleh pemanasan bumi yang tidak merata oleh matahari. Angin tidak memiliki banyak substansi, kita tidak bisa melihatnya atau menahannya, tapi kita bisa merasakan kekuatannya.

Penyebab Terjadinya Angin
Proses terjadinya angin di sebabkan oleh :
1. Adanya perbedaan tekanan udara dari dua tempat yang berbeda yakni pergerakan udara dari daerah bertekanan tinggi ke rendah.
2. Rotasi bumi bersamaan dengan proses pemanasan di suatu wilayah yang terjadi karena pengaruh matahari.

BACA:  Mengetahui Persamaan dan Perbedaan Malvaceae dengan Zingiberaceae

Macam-Macam Angin
a. Angin Lokal terdiri dari 3 macam-macam angin, yakni :
1. Angin darat dan Angin laut
Angin darat adalah sistem angin lokal yang ditandai dengan aliran dari darat ke laut pada malam hari sedangkan Angin laut merupakan angin lokal yang bertiup dari darat ke laut.

2. Angin lembah dan Angin gunung
Angin lembah adalah jenis angin yang bergerak dari lembah menuju gunung sebaliknya Angin gunung adalah jenis angin yang bergerak dari gunung menuju lembah.

3. Angin jatuh/angin fohn
Angin Fohn atau Angin Jatuh ialah angin yang bersifat kering dan panas, biasa terdapat di lereng pegunungan Alpine, angin fohn adalah angin yang bertiup pada suatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda. Jenis angin ini banyak terdapat di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah seperti nama angin Bahorok di Deli, angin Kumbang di Cirebon, angin Gending di Pasuruan di Jawa Timur, dan Angin Brubu di Sulawesi Selatan.

 
BACA:  Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya

2. Angin Musim terdiri dari 5 macam-macam angin, yakni :
1. Angin pasat
adalah angin yang bertiup tetap sepanjang tahun dari daerah subtropis menuju ke daerah ekuator atau khatulistiwa. Terdiri dari Angin Passat Timur Laut yang bertiup di belahan bumi Utara dan Angin Passat Tenggara yang bertiup di belahan bumi Selatan. Di sekitar khatulistiwa, kedua angin pasat ini bertemu.

2. Angin anti pasat
adalah angin yang arahnya berlawanan dengan angin pasat. Di belahan bumi bagian selatan bertiup angin dari barat laut ke tenggara. Di belahan bumi utara bertiup angin dari barat daya ke timur laut. Arah angin anti pasat dapat dilihat pada arah awan yang tertinggal atau pada awan atau abu gunung berapi.

3. Angin barat
Sebagian udara yang berasal dari daerah maksimum subtropis Utara dan Selatan mengalir ke daerah sedang Utara dan daerah sedang Selatan sebagai angin Barat. Di belahan bumi Selatan pengaruh angin Barat ini sangat besar, terutama pada daerah lintang 60o LS. Di sini bertiup angin Barat yang sangat kencang yang oleh pelaut-pelaut disebut roaring forties.

4. Angin timur
Di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan bumi terdapat daerah dengan tekanan udara maksimum. Dari daerah ini mengalirlah angin ke daerah minimum subpolar (60oLU/LS). Angin ini disebut angin Timur. Angin timur ini bersifat dingin karena berasal dari daerah kutub.

 
BACA:  Pengertian, Ciri dan Struktur Sebuah Legenda

5. Angin muson
adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periode yang satu dengan yang lain polanya akan berlawanan yang berganti arah secara berlawanan setiap setengah tahun.

Penyebab Angin Bisa Bertiup Kencang

Pada dasarnya angin akan bertiup dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Angin kencang terjadi ketika udara bergerak dari satu tempat ke tempat lain yang memiliki tekanan udara yang bedanya besar. Bila udara berada pada tekanan yang jauh lebih tinggi daripada tekanan di sekitarnya, maka angin akan bertiup lebih kencang dibandingkan dengan ketika tekanannya lebih rendah, tetapi lebih tinggi daripada tekanan di sekitarnya.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Mengetahui Penyebab Angin Bisa Bertiup Kencang, jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

sumber : wikipedia.org ; merdeka.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET