Pengertian dan Jenis-Jenis Hidrologi Beserta Prosesnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Jenis-Jenis Hidrologi Beserta Prosesnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Hidrologi adalah cabang ilmu Geografi yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan, serta teknik sipil dan teknik lingkungan.

Jenis-Jenis Hidrologi
Perputaran proses hidrologi sendiri terbagi menjadi tiga karakteristik siklus diantaranya adalah siklus singkat, siklus menengah, dan siklus lama. Berikut Penjelasannya:

1. Siklus Hidrologi Singkat
Siklus hidrologi singkat tidak akan pernah tercipta jika selama pergerakan atau fase adveksi awan. Molekul-molekul cair yang telah bertransformasi menjadi uap kemudian akan jatuh sebagai hujan di sekitar wilayah laut, lebih jelasnya siklus hidrologi singkat kemudian terbentang dengan sendirinya dalam bentuk evaporasi atau penguapan air laut akibat pancaran sinar matahari yang bersinar dengan maksimal di lautan.

BACA:  Pengertian Perubahan Kimia Meliputi Ciri-Ciri dan Contohnya

2. Siklus Hidrologi Sedang
Siklus hidrologi berikutnya yaitu siklus hidrologi menengah, yang agak berbeda dengan siklus hidrologi singkat. Siklus hidrologi yang satu ini kemudian akan menciptakan hujan yang akan jatuh di daerah dataran tinggi dan kemudian air hujan tersebut akan kembali ke pusat air.

3. Siklus Hidrologi Lama
Unsur siklus hidrologi yang ketiga adalah siklus hidrologi lama, yang pada umumnya terjadi di daerah dataran tinggi seperti perbukitan dan pegunungan. Meskipun tidak hanya berlangsung di zona ini, siklus hidrologi yang memakan waktu lebih lama ini juga terjadi di zona iklim subtropis yang berbeda. Perbedaan antara siklus hidrologi yang lama dan siklus hidrologi lainnya adalah awan tidak seketika turun menjadi hujan.

 
BACA:  Perjuangan Teuku Umar Melawan Penjajahan di Indonesia

Proses Perputaran Hidrologi
Perputaran proses hidrologi bisa disebut siklus air karena kata hidrologi sendiri memiliki arti yang sama dengan air, perbedaannya hanya pada kosakata. Siklus air sendiri berarti sebuah proses perputaran yang berlangsung di lingkungan perairan.

Siklus hidrologi adalah suatu proses dimana air pergi dari lapisan gas di langit ke bumi, kemudian air kembali ke lapisan gas langit dan seterusnya. Siklus air sendiri berarti salah satu siklus biogeokimia yang terjadi di bumi dalam upaya menjaga kuantitas dan stok air.

Secara umum, proses siklus hidrologi adalah ketika semua air di permukaan bumi menguap. Setiap air yang menguap ke atmosfer atau ke luar angkasa, kemudian akan berubah menjadi awan di langit. Setelah itu, air yang telah berubah menjadi awan akan berubah menjadi bentuk lain, yaitu titik-titik air. Berikut tahapan-tahapannya:
1. Penguapan atau Evaporasi Semua Air
2. Penguapan atau Menguapnya Molekul Air dalam Jaringan Hidup
3. Evapotranspirasi
4. Sublimasi
5. Pengembunan
6. Kekeruhan atau Adveksi
7. Curah Hujan
8. Run off
9. Infiltrasi
10. Konduksi

BACA:  Pengertian Sinonim Meliputi Jenis dan Manfaatnya dalam Tata Bahasa

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Jenis-Jenis Hidrologi Beserta Prosesnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET