Fungsi Nyamuk Bagi Kehidupan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Fungsi Nyamuk Bagi Kehidupan Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Nyamuk
Nyamuk atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai “mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya, nyamuk juga dikenal sebagai gnats. Nyamuk adalah hewan golongan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera (lalat), dan tergolong dalam famili Culicidae.

Nyamuk merupakan hewan dengan anatomi tubuh yang mengagumkan. Sebab, punya 100 mata, di mulutnya ada 48 gigi, dan di dadanya terdapat tiga buah jantung di mana masing-masing jantung terdapat dua Atrium, dua bilik, dan 2 katup. Beratnya, tidak lebih dari 0,1 gram.

BACA:  Sejarah Singkat Keruntuhan Kerajaan Kota Kapur

Reproduksi Nyamuk
Nyamuk mengalami empat tahap dalam siklus hidup: telur, larva, pupa, dan dewasa. Telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembap atau kolam yang kering. Pemilihan tempat ini dilakukan oleh induk nyamuk dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembapan.

Fungsi Nyamuk Bagi Kehidupan Manusia
Beberapa fungsi nyamuk dalam kehidupan manusia adalah:
1. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang berguna bagi ekosistem tanaman.
2. Nyamuk bermanfaat untuk proses penyerbukan tanaman coklat, karenanya jika spesies nyamuk hilang akan menghambat penyebaran dan penyerbukan coklat secara alami.
3. Nyamuk dapat membantu menyebarkan bakteri pathogen,
4. Nyamuk berfungsi sebagai rantai makanan spesies lain, seperti kodok, cicak, hinggA ikan-ikan yang rasanya nikmat untuk disantap oleh manusia.
5. Nyamuk sebagai indikator dini berbagai permasalahan kesehatan, ia mampu mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yang sangat kecil, dan menyedot darah yang berbau asam seperti asam laktat, asam urat, serta yang berbau kolesterol.
6. Nyamuk dapat menghisap darah kotor yang merugikan dalam tubuh manusia, di mana tubuh manusia secara otomatis akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi.
7. Mengurangi populasi mikroorganisme dari bakteri, terutama bakteri parasit yang terdapat pada air kotor.
8. Keberadaan nyamuk untuk memotivasi manusia agar hidup lebih sehat, membuat manusia menutup tempat penyimpanan air agar tidak terkotori.
9. Nyamuk dapat berfungsi sebagai pendeteksi adanya gangguan kesehatan pada manusia

BACA:  Fungsi Beberapa Alat di Laboratorium Kimia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Fungsi Nyamuk Bagi Kehidupan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET