Karakteristik Zaman Mesolitikum dan Peninggalannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Karakteristik Zaman Mesolitikum dan Peninggalannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Mesolitikum atau Zaman Batu Madya (Bahasa Yunani: mesos “tengah”, lithos batu) adalah suatu periode dalam perkembangan teknologi manusia, antara Paleolitik atau Zaman Batu Tua dan Neolitik atau Zaman Batu Muda.

Pada zaman ini, kehidupan manusia beralih dari pola pemburu-pengumpul ke cara hidup menghasilkan makanan. Adanya kemampuan menghasilkan makanan tersebut menunjukkan bahwa manusia purba sudah menetap secara permanen.

Tempat hidup manusia purba terdapat di dekat sungai, danau, bukit dan hutan-hutan serta tempat-tempat yang di dekat dengan air. Mereka sudah tidak tinggal di gua-gua tetapi sudah menghuni rumah-rumah panggung yang dibangun secara sederhana. Rumah-rumah panggung tersebut didirikan agar dapat terhindar serangan binatang buas.

BACA:  4 Tahapan Dalam Merevisi Teks Eksplanasi

Karakteristik
Beberapa karakteristik kehidupan manusia purba zaman Mesolitikum adalah sebagai berikut:

1. Manusia di zaman ini sudah mulai hidup menetap. Mereka tinggal di gua-gua, di pinggir sungai, ataupun di pinggir pantai.

 

2. Memiliki kemampuan bercocok tanam, namun dengan teknik yang masih sangat sederhana.

3. Sudah mengenal kerajinan; mampu membuat gerabah dari tanah liat.

4. Menerapkan sistem mengumpulkan makanan (food gathering)

5. Ditemukan kjokenmondinger (tumpukan sampah dapur). Berupa tumpukan fosil kulit kerang atau siput, yang membentuk bukit setinggi +7 meter.

 

6. Tekstur perkakas atau peralatan dari yang dibuatnya sedikit lebih halus dibanding zaman sebelumnya

7. Alat-alat kebudayaan zaman ini antara lain: flakes (alat serpiih), ujung mata panah, pipisan (batu giling), kapak gengam (pebble), kapak pendek (hachecourte), alat-alat dari tulang (bone culture).

BACA:  Penggolongan Jenis-Jenis Tenaga Kerja

8. Memiliki peninggalan lukisan pada diding gua. Lukisan tapak tangan ini diperkirakan merupakan bagian dari ritual agama, untuk keperluan ilmu dukun, atau untuk memperingati peristiwa penting yang terjadi dilingkungan sekitar mereka.

Peninggalan
Beberapa peninggalan kehidupan manusia purba zaman Mesolitikum adalah sebagai berikut:

1. Beliung Persegi
Beliung persegi berbentuk seperti cangkul dengan ukuran 4–25 cm. Alat itu dibuat dari batuan kalsedon, agat, chert, dan juspis.

2. Kapak Lonjong
Kapak lonjong dibuat dari batu kali jenis nefrit yang telah diasah lebih halus daripada kapak persegi. Daerah penemuannya terbatas di wilayah bagian timur Indonesia.

3. Mata Panah
Mata panah ini digunakan untuk berburu, memanah dan menangkap ikan dengan bentuk seperti gergaji yang terbuat dari tulang

BACA:  Mengetahui Perbedaan Autosom dan Gonosom

4. Gerabah dan Perhiasan
Alat gerabah itu pertama kali digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman, kemudian berkembang digunakan sebagai alat memasak. Bersamaan dengan itu, barang perhiasan juga mulai dibuat. Misalnya, gelang dari batuan kalsedon manik-manik dari tanah liat, kalung dari kulit kerang dan lukisan berwarna warni.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Karakteristik Zaman Mesolitikum dan Peninggalannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET