Mengenal Apa itu Komet Meliputi Asal Usul dan Bagian-Bagiannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Apa itu Komet Meliputi Asal Usul dan Bagian-Bagiannya
disimak baik-baik ya…

 

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk elips/lonjong, parabolis, atau hiperbolis. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari.

Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. Komet merupakan benda angkasa seperti lapisan batu yang terlihat mempunyai cahaya dikarenakan adanya gesekan-gesekan atom-atom di udara.

Istilah “komet” berasal dari bahasa Yunani, kometes (κομήτης) yang berarti “rambut panjang”. Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang.

BACA:  Pengertian, Ciri, dan Dampak Negatif Gejala Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat

Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda.

Panjang “ekor” komet dapat mencapai jutaan km. Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa daripada planet.Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit Matahari.

 

Komet berasal dari awan Oort yang terletak di sisi luar sistem tata surya. Awan Oort berisi triliunan komet. Seiring berjalannya waktu, komet-komet berpisah dari awan dan terlempar ke matahari. Inti komet terletak di pusat, terbuat dari gas serta debu batuan dan merupakan benda padat yang stabil. Pada saat komet mendekati matahari, sebagian materi tersebut terlempar dari permukaan inti komet.

BACA:  Mengenal Anatomi Hidung Manusia Beserta Fungsinya

Bagian-bagian komet terdiri dari inti, koma, awan hidrogen, dan ekor. Bagian-bagian komet sebagai berikut.

  1. Inti, merupakan bahan yang sangat padat, diameternya mencapai beberapa kilometer, dan terbentuk dari penguapan bahan-bahan es penyusun komet, yang kemudian berubah menjadi gas.
  2. Koma, merupakan daerah kabut atau daerah yang mirip tabir di sekeliling inti.
  3. Lapisan hidrogen, yaitu lapisan yang menyelubungi koma, tidak tampak oleh mata manusia. Diameter awan hidrogen sekitar 20 juta kilometer.
  4. Ekor, yaitu gas bercahaya yang terjadi ketika komet lewat di dekat Matahari.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Apa itu Komet Meliputi Asal Usul dan Bagian-Bagiannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET