Faktor Utama Pedagang Cina Lebih Memilih Jalur Laut daripada Jalur Darat

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Faktor Utama Pedagang Cina Lebih Memilih Jalur Laut daripada Jalur Darat

disimak baik-baik ya…

Jalur perdagangan internasional kuno dari peradaban China yang menghubungkan wilayah barat dan timur disebut jalur sutera. Jalur tersebut mempertemukan pedagang dari barat dan timur untuk melakukan aktivitas perdagangan.

Jalur Sutera dihubungkan oleh pedagang, pengelana, biarawan, prajurit, dan nomaden dengan menggunakan karawan dan kapal laut dan menjadi tonggak awal bertemunya peradaban-peradaban maju yan hidup pada zaman itu.

Jalur Sutera terbagi menjadi dua, yaitu jalur utara dan selatan. Rute utara melewati Bulgar-Kipchak ke Eropa Timur dan Semenanjung Crimea. Dari situ menuju ke Laut Hitam, Laut Marmara, dan Balkan ke Venezia. Sedangkan rute selatan melewati Turkestan-Khorasan menuju Mesopotamia dan Anatolia, kemudian ke Antiokia di Selatan Anatolia menuju ke Laut Tengah atau melewati Levant ke Mesir dan Afrika Utara.

 
BACA:  Morfologi Bunga Meliputi Pembentukan dan Perkembangannya

Beberapa Faktor Utama Pedagang Cina dan India Lebih Memilih Jalur Laut Dari Jalur Darat, adalah sebagai berikut :

1. Jalur laut adalah salah satu cara yang dapat dilakukan saat itu untuk mengarungi setiap wilayah dan mencakup wilayah yang lebih luas. dikarenakan banyaknya negara kepulauan sehingga jalur laut adalah satu-satunya cara untuk menempuhnya.

2. Dengan jalur laut, kapasitas angkut barang dagangan lebih banyak jumlahnya sehingga lebih menguntungkan dari segi waktu, modal, dan tenaga (lebih praktis dibandingkan dengan jalur darat).

3. Jika menggunakan jalur laut bisa mempersingkat waktu dibandingkan dengan jalur darat. Selain itu, jalur laut dapat menghubungkan negara-negara yang memiliki letak persinggahan yang strategis.

 
BACA:  Persamaan dan Perbedaan Teks Empat Tips Agar Tidak Iri Kepada Orang Lain dan Meredakan Kejengkelan Pada Hari Senin

4. Kondisi alam di daratan pada saat itu yang masih berat dan tidak aman mendorong para pedagang dari Asia Barat dan India menuju China mengalihkan jalur perdagangan melalui lautan dengan menyusuri garis pantai.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Faktor Utama Pedagang Cina Lebih Memilih Jalur Laut daripada Jalur Darat

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : kompas.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET