Pengertian Siklus Nitrogen dan Peranan Nitrogen Bagi Kehidupan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Siklus Nitrogen dan Peranan Nitrogen Bagi Kehidupan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Siklus Nitrogen
Siklus nitrogen merupakan proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen menjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain. Transformasi ini dapat terjadi secara biologis maupun non-biologis. Beberapa proses penting pada siklus nitrogen, antara lain fiksasi nitrogen, mineralisasi, nitrifikasi, denitrifikasi.

Nitrogen adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Unsur yang juga disebut sebagai zat lemas ini pertama kali ditemukan dan diisolasi oleh dokter berkebangsaan Skotlandia Daniel Rutherford pada tahun 1772.

BACA:  Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

Walaupun terdapat sangat banyak molekul nitrogen di dalam atmosfer, nitrogen dalam bentuk gas tidaklah reaktif. Hanya beberapa organisme yang mampu untuk mengkonversinya menjadi senyawa organik dengan proses yang disebut fiksasi nitrogen.

Peranan Nitrogen Bagi Kehidupan
Nitrogen dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan. Buktinya, kalian sering melihat petani menggunakan pupuk NPK (Nitrogen, Fosfor, dan Kalium) untuk tanamannya. Kalau tanaman kekurangan nitrogen, akan menguning, pertumbuhannya terhambat, dan hasilnya (buah dan bunga) akan tumbuh dengan ukuran kecil. Kalau sudah seperti itu para petani juga pasti akan mengalami kerugian.

Selain itu, nitrogen juga dibutuhkan dalam pembentukan DNA dan RNA. DNA ini merupakan pembawa informasi genetik yang akan menentukan seperti apa tubuh makhluk hidup yang akan dibentuk. Ketika makhluk hidup tidak mendapatkan pasokan nitrogen yang cukup, mereka tidak bisa menghasilkan asam amino.

 
BACA:  Jawaban Buku Paket Bhs. Indonesia Kelas 12 Hal. 42

Manfaat Daur Nitrogen
Sebagai bagian dari siklus biogeokimia, daur nitrogen memiliki peran penting dalam kehidupan. Terdapat beberapa manfaat daur nitrogen, di antaranya:

  1. Membantu tanaman menyerap nitrogen melalui proses fiksasi, sehingga pertumbuhannya menjadi optimal.
  2. Membantu penguraian bahan organik menjadi sebuah energi dan menghasilkan amonia serta senyawa dasar lain sebagai produk cadangan melalui proses amonifikasi.
  3. Dan berbagai manfaat lainnya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Siklus Nitrogen dan Peranan Nitrogen Bagi Kehidupan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET