Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian dan Sejarah Arus Bolak-Balik
Arus bolak-balik adalah arus listrik yang memiliki arah arus yang berubah-ubah secara bolak-balik. Sifat arus bolak-balik berbeda dengan arus searah yang arah arusnya tidak berubah-ubah terhadap waktu.

Bentuk gelombang dari arus ini biasanya berbentuk gelombang sinusoida sehingga memungkinkan pengaliran energi secara efisien. Arus tersebut juga dapat mengalir dalam bentuk gelombang segitiga atau bentuk gelombang segi empat.

Pada tahun 1835, Hippolyte Pixii membuat pembangkit listrik arus bolak balik yang pertama. Pixii membuat alat tersebut dengan putaran magnet. Hingga tahun 1822, pembangkit listrik arus bolak-balik yang dibuat oleh Pixii tidak menarik perhatian para ilmuwan karena desain pembangkit listrik difokuskan pada pembangkit listrik arus searah.

BACA:  Mengenal Perbedaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Sistem arus listrik bolak-balik pertama kali dibuat di Great Barrington, Massachusetts oleh William Stanley. Pembuatan sistem arus bolak-balik ini didukung oleh Westinghouse. Di saat yang bersamaan, Nikola Tesla juga memulai penjualan desain sistem listrik arus bolak-balik di New York.

Sumber Arus Bolak-Balik
Arus bolak-balik dapat dihasilkan menggunakan generator listrik dengan frekuensi rendah. Frekuensi pembangkitan listrik arus bolak-balik tidak lebih dari 1 kHz. Prinsip pembangkitan arus bolak-balik dilakukan dengan memanfaatkan prinsip elektromagnetisme. Dua kutub medan magnet ditempatkan pada sebuah kumparan dengan liltan konduktor. Medan magnet dan kuat arus listrik bolak-balik yang dihasilkan didasarkan pada luas permukaan kumparan.

Fungsi Arus Bolak-Balik

Penggunaan arus bolak-balik mengalami perkembangan teknologi yang pesat serta kemudahan listrik arus bolak-balik dalam transmisi tenaga listrik dan distribusi tenaga listrik, menjadikan arus bolak-balik menjadi pesaing dari arus searah. Penyaluran tenaga listrik arus searah yang dimulai pada akhir abad ke-19 Masehi oleh Thomas Alva Edison kemudian digantikan oleh arus bolak-balik.

 
BACA:  Peran atau Fungsi Hormon Antidiuretik

Beberapa fungsi dari Arus bolak-balik digunakan pada:
1. Motor Listrik Arus Bolak-Balik
2. Motor Induksi
3. Motor Sinkron
4. Transformator
5. Kendali Motor Arus Bolak-Balik
6. Strukur Transformator

Bahaya Arus Bolak-Balik

Arus bolak-balik dengan nilai hingga 10 Ampere tidak dapat membahayakan manusia selama tidak menyentuh dan mengalir ke tubuh. Sebaliknya, arus ini dengan rentang antara 10 hingga 100 miliampere dan memiliki frekuensi rendah dapat menyebabkan kematian jika bersentuhan langsung dengan tubuh manusia.

Ambang batas frekuensi yang tidak membahayakan tubuh manusia ialah 105 Hz. Panas yang dihasilkan oleh arus listrik tersebut juga dapat menembus sedalam beberapa milimeter ke permukaan kulit dan merusaknya. Arus dengan frekuensi tinggi dapat menghasilkan panas yang dapat merusak organ tubuh yang paling dalam.

BACA:  Mengetahui Pengertian dan Proses Hinduisasi di Nusantara

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

ref. : gramedia.com

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET