Pengertian Logam Meliputi Unsur, Klasifikasi, dan Sifatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Logam Meliputi Unsur, Klasifikasi, dan Sifatnya
disimak baik-baik ya…

Pengertian Logam

Logam adalah sebuah unsur kimia yang memiliki sifat yang kuat, liat, keras dan mampu menghantarkan listrik atau energi panas. Logam juga memiliki titik cair yang tinggi. Selain itu, logam berasal dari bijih logam dan untuk mendapatkannya dengan cara penambangan.

 

Dalam ilmu kimia, logam berasal dari bahasa Yunani: μέταλλον, metallon dan bahasa Inggris: metal, adalah material atau sebuah unsur, senyawa, atau paduan yang biasanya keras tak tembus cahaya, berkilau, dan memiliki konduktivitas listrik dan termal yang baik.

Logam umumnya liat—yaitu dapat ditempa atau ditekan permanen hingga berubah bentuk tanpa patah atau retak—dan juga fusibel atau bisa dilelehkan dan ulet atau dapat ditarik hingga membentuk kawat halus. Sekitar 91 dari 118 unsur dalam tabel periodik adalah logam; sisanya adalah nonlogam atau metaloid. Beberapa unsur menunjukkan sifat baik logam dan nonlogam sekaligus.

BACA:  Jawaban Buku Paket Bhs. Indonesia kelas 11 Hal. 33

Unsur Logam
Logam adalah suatu unsur kimia yang keras dan dapat mencair pada titik didih yang sangat tinggi. Unsur-unsur logam yang banyak dikenal antara lain adalah logam, non logam, dan semi logam. Berikut penjelasannya:

1. Unsur Logam
Untuk jenis unsur logam seperti aluminium (Al), besi (Fe), Emas (Au), Barium (Ba), Kalsium (Ca), Kalium (K), Kromium (Cr), Nikel (N), Natrium (Na), Mangan (Mn) dan Magnesium (Mg).

Pada unsur ini, material bahan bersifat sangat mengkilap dan mampu menjadi penghantar listrik dan panas yang baik. Untuk logam umumnya akan berbentuk padat pada tekanan dan suhu yang normal kecuali menggunakan air raksa.

 

2. Unsur Non Logam
Pada unsur ini, logam tidak memiliki sedikitpun sifat logam. Umumnya unsur non logam berbentuk gas seperti layaknya oksigen. Ada yang berwujud cair seperti bromin. Selain itu, ketika unsur non logam berwujud padat maka teksturnya getas dan keras.

BACA:  Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor

Untuk jenis unsur non logam seperti Oksigen (O), Iodin (I), Silikon (Si), Neon (Ne), Nitrogen (N), Karbon (c), Klorin (Ci), Helium (He), Hidrogen (H), Fosforus (P), Fluorin (F), belerang (S) dan Bromin (Br).

3. Unsur Semi Logam
Tak hanya ada unsur logam dan non logam, satu unsur lainnya yaitu semi logam. Unsur ini pada umumnya masih memiliki sedikit sifat logam yang dikenal dengan metaloid. Pada unsur ini, biasanya memiliki sifat semi konduktor yang mana tidak dapat menghantarkan listrik pada suhu yang rendah. Namun, akan menjadi sangat baik apabila berada pada suhu yang lebih tinggi.

Untuk jenis unsur semi logam terdiri dari telurium (Te), Polonium (Po), Antimon (Sb), Germanium (Ge), Arsen (As), Silikon (Si) dan Boron (B).

 

Unsur-Unsur Logam
Logam adalah suatu unsur kimia yang keras dan dapat mencair pada titik didih yang sangat tinggi. Unsur-unsur logam yang banyak dikenal antara lain adalah logam, non logam, dan semi logam.

BACA:  Raden Wijaya Menyikapi Kehadiran Pasukan Mongol di Kerajaan Singasari Setelah Kerajaan Tersebut Dipindahkan ke Kediri Oleh Jayakatwang

Klasifikasi Logam
a. Klasifikasi Logam Secara Umum
Logam terbagi menjadi 4 kelompok berdasarkan jenisnya secara umum yaitu Logam Berat, Logam Ringan, Logam Tahan Api, Logam Mulia.

b. Klasifikasi Logam Secara Bahan Dasarnya
Logam terbagi menjadi 2 kelompok berdasarkan bahan dasarnya yaitu Logam Besi (Ferrous), Logam Non Besi (Non Ferrous).

Sifat Logam

Berikut adalah beberapa sifat logam:
1. Memiliki Tingkat Kekuatan dan Kekerasan Berbeda
2. Dapat dengan Mudah untuk Ditempa
3. Menjadi Sebuah Konduktor Listrik yang Baik
4. Mampu Menghantarkan Panas
5. Bersifat Mengkilap
6. Kerapatan Relatif Tinggi

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Logam Meliputi Unsur, Klasifikasi, dan Sifatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET