Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Ransangan pada Makhluk Hidup
Ransangan adalah sesuatu hal yang datang dari lingkungan pada makhluk hidup baik manusia, hewan atau pun tumbuhan yang dapat menyebabkan respon tertentu pada tingkah lakunya. Rangsang merupakan informasi yang dapat diindera oleh panca indra.

Sedangkan kemampuan menanggapi rangsangan pada makhluk hidup disebut iritabilitas. Iritabilitas adalah kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan. Rangsang dapat berupa sentuhan, cahaya matahari, air, zat kimia, suhu, dan gravitasi bumi.

Iritabilitas Pada Manusia
Saat kaki menginjak duri, maka akan refleks menjauhkan diri dari duri tersebut karena tubuh akan merespon, ini adalah contoh irtabilitas pada manusia.

BACA:  Pengertian Hidung, Bagian-Bagian Fungsi dan Gangguannya

Iritabilitas Pada Tumbuhan
Jika daun putri malu disentuh maka daun putri malu tersebut akan menguncup. Menguncupnya daun putri malu ini menunjukan bahwa tumbuhan tersebut mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima, ini adalah contoh irtabilitas pada tumbuhan.

Iritabilitas Pada Hewan
Hewan kupu-kupu mendekati bunga karena mencium aroma nectar atau kucing yang mencari aroma ikan goreng, ini juga adalah contoh irtabilitas pada hewan.

 

Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya
Berikut ini adalah contoh hewan yang peka terhadapa ransangan cahaya:
1. Ular
Ular merupakan hewan yang peka terhadap cahaya dan ulat memiliki sensor infrared untuk memburu mangsa mereka.
2. Kucing
Seekor kucing dapat melihat dengan seperenam dari cahaya yang diperlukan oleh manusia karena tingginya jumlah batang peka cahaya di retina mereka.
3. Gekko
Penglihatan hewan noktural Geckko 350 kali lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan mata manusia. Kemampuan ini membuat mereka mampu melihat langit di malam hari dengan sangat jelas.
4. Burung Hantu
Penglihatan burung hantu 100 kali lebih sensitif lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan mata manusia.
5. Sapi
Menurut sapi, apapun di sekitar mereka berwarna oranye dan merah, termasuk rumput. Keterbatasan penglihatan tersebut diimbangi oleh kemampuan mereka untuk melihat hampir 360 derajat.
6. Kupu-kupu
Kupu-kupu mempunyai kemampuan melihat warna yang tidak bisa dilihat manusia, seperti warna merah, biru, dan hijau bagian dari spektrum UV. Namun ketajaman mata hewan ini hanya 0,04 dari ketajaman visual manusia.
7. Lebah
Fotoreseptor di mata lebah menyerap warna tiga kali lebih cepat dari manusia, mereka juga dapat melihat bagian-bagian dari spektrum UV yang tidak terlihat oleh mata manusia.
8. Kelelawar
Kelelawar bukanlah hewan buta, dan termasuk hewan yang sensitif terhadap cahaya. Kelelawar buah, juga dikenal sebagai flying fox memiliki penglihatan kerucut dan batang, pembeda warna dan siang hari. Sementara kelelawar biasa bergantung pada echolocation, atau sonar untuk mengidentifikasi mangsa dan ‘melihat’ di malam hari.

BACA:  Pengertian, Klasifikasi dan Sifat Senyawa Anorganik

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET