Kenali Ciri-ciri dan Jenis Hewan Vertebrata

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Kenali Ciri-ciri dan Jenis Hewan Invertebrata
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hewan Vertebrata
Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan kecuali remang, belut dan “lintah laut” atau hagfish, amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui atau disebut juga mamalia. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai.

Vertebrata memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang. Sistem respirasi menggunakan insang atau paru-paru.

Unsur seluler atau sel darah pada hewan vertebrata terbagi menjadi tiga yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah. Setiap jenis hewan Vertebrata memiliki bentuk, ukuran, dan persentase jumlah sel darah merah dan sel darah putih yang berbeda.

BACA:  Persentase Kemungkinan Lahir Anak Laki-laki Buta Warna Albino dari Pernikahan Wanita Normal dan Albino dengan Laki-laki Buta warna dan Karier Albino

Jenis Hewan Vertebrata
1. Pisces
Pisces atau ikan merupakan jenis hewan vertebrata yang hidup di air. Pisces tebagi menjadi menjadi dua sub kelas yaitu Chondrichtyes dan Osteichthyes Chondrichtyes atau ikan tulang rawan adalah vertebrata yang rangkanya disusun atas tulang rawan dan tidak mempunyai penutup insang sedangkan Osteichthyes atau ikan tulang keras merupakan jenis ikan yang rangkanya disusun dari tulang sejati dan memiliki penutup insang.

2. Amphibia
Amfibi atau amfibia (Amphibia), umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup di dua alam; yakni di air dan di daratan, contohnya adalah katak dan kodok.

 

3. Reptilia
Reptil adalah binatang melata, atau dalam bahasa Latin “reptans” artinya ‘melata’ atau ‘merayap’ adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda yakni hewan dengan empat tungkai dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.

BACA:  Mengenal Jalur Sirkum Pasifik dan Dampak yang Ditimbulkannya

Kelompok reptilia dibagi lagi emnjadi empat ordo, yang terdiri atas squamata, testudinata, crocodilia, dan rhynchocephalia. Sekarang ini mereka menghidupi setiap benua kecuali benua Antarktika.

4. Aves
Aves atau Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Aves dibedakan menjadi dua subkelas, yaitu Archaeornithes dan Neornithes.

5. Mamalia
Mamalia atau Binatang menyusui berasal dari bahasa Latin mamma, ‘payudara’ adalah kelas hewan vertebrata yang dicirikan oleh adanya kelenjar susu yang pada hewan betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya, neokorteks, rambut, dan tiga tulang di telinga tengah. Kelompok Mamalia ini terbagi menjadi 12 ordo.

 
BACA:  Tujuan Pemberian Nama Ilmiah Pada Makhluk Hidup

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Hewan Vertebrata
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET