Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Gas

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Gas
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Benda Gas
Benda gas adalah salah satu bentuk dan wujud zat benda yang mempunyai volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan wadahnya meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang manusia.

Zat benda gas akan selalu bergerak kemana-mana yang membuatnya tidak memiliki bentuk yang tetap, yakni mengikuti bentuk wadahnya. Volumenya juga terus berubah berbeda dengan wujud benda padat dan cair yang lebih stabil bentuk dan volumenya. Karena kebebasan molekul dan geraknya, udara juga mudah berubah menjadi zat lain bahkan secara alami tanpa harus campur tangan manusia.

Sifat Benda Gas
Beberapa sifat dari benda Gas adalah sebagai berikut:

BACA:  Mengetahui Pengertian Ribosom Beserta Susunan, Fungsi dan Cirinya

1. Mengisi Seluruh Ruangan Yang Ditempatinya
Udara adalah campuran berbagai zat gas yang tidak terlihat, tidak berwarna, dan juga tidak beraroma atau berbau. Namun meskipun demikian udara tetap menempati ruang dan kemudian akan mengikuti bentuk ruang atau wadahnya.

2. Terdapat Diberbagai Tempat
Benda gas mampu berada di segala tempat sehingga bisa kita temukan dimana-mana, baik di dalam rumah, jalan, atau lingkungan manapun. Bahkan ruang atau tempat kosong sekalipun pasti ada udara atau gasnya.

 

3. Memiliki Massa Berat
Massa atau berat zat gas tentu berbeda dengan ukuran massa benda padat dan cair. Bahkan dalam penghitungan zat gas juga berbeda-beda, misalnya untuk menghitung massa gas karbon dioksida dengan berat kering biomassa dan perhitungan persamaan gas ideal.

BACA:  Sejarah dan Pengertian Hukum Archimedes

4. Menekan Ke Segala Arah
Zat benda gas dapat menekan ke segala arah pada suatu ruang sehingga tidak mengisi atau menekan satu arah saja. Contohnya adalah pada saat kita meniup balon, Gas akan mengisi seluruh wadah balon tersebut dengan menekannya keseluruh bagian wadah.

5. Susunan Partikelnya Tidak Teratur
Jika jaraknya yang tidak tetap, maka susunan partikel pada zat benda gas juga tidak teratur. Susunan partikelnya mudah bergerak sehingga mudah pula berubah, baik menjadi wujud zat lainnya atau hanya pengurangan partikel dan molekulnya saja.

6. Jarak Antar Partikel Berubah-Ubah
Jarak partikel pada gas yang berubah-ubah membuat gas menjadi mudah bergerak bebas mengisi segala arah ruangan atau wadah yang kosong sekalipun.

 
BACA:  Bagaimana Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia ?

7. Gerakan Partikel Sangat Bebas
Sifat benda gas yang bisa bergerak dengan bebas sebenarnya dipengaruhi dengan sifat-sifat benda gas lainnya. Zat gas yang mudah bergerak bebas membuat banyak energi bisa muncul atau tercipta dengan mudah.

8. Gaya Tarik Antar Partikel Lemah
Zat benda gas memiliki gaya tarik menarik yang cenderung lemah di antara partikel penyusun zatnya. unsur partikel yang menyusun zat gas sangat ringan dan tidak beraturan, sehingga mudah membuatnya tidak tetap. Akibatnya gaya di antara partikel zat gas nya pun menjadi tidak ada.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Gas
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET