Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Bakau Beserta Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Bakau Beserta Manfaatnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hutan Bakau
Hutan bakau atau mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ciri-Ciri Hutan Bakau
Terdapat beberapa ciri-ciri dari hutan bakau yakni:

  1. Jenis vegetasinya akan dipengaruhi oleh proses pasang surut air laut.
  2. Vegetasi hutan mangrove ini mempunyai sistem perakaran vegetasi yang sebagian berada di atas permukaan air.
  3. Jenis-jenis vegetasi di hutan mangrove antara lain nipah dan juga bakau.
  4. Sistem perakaran di tumbuh-tumbuhan dalam hutan mangrove mempunyai fungsi sebagai alat respirasi dan juga penangkapan lumpur dari peristiwa pasang surut air laut.
BACA:  Hubungan Genotip dan Fenotip pada Perkawinan dalam Biologi


Manfaat Hutan Bakau

Dari segi ekonomi, hutan bakau menghasilkan beberapa jenis kayu yang berkualitas baik, dan juga hasil-hasil non-kayu atau yang biasa disebut dengan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), berupa arang kayu; tanin, bahan pewarna dan kosmetik; serta bahan pangan dan minuman.

Termasuk pula di antaranya adalah hewan-hewan yang biasa ditangkapi seperti biawak air (Varanus salvator), kepiting bakau (Scylla serrata), udang lumpur (Thalassina anomala), siput bakau (Telescopium telescopium), serta berbagai jenis ikan belodok.

Selain itu hutan bakau memiliki fungsi ekologis sebagai pelindung pantai, habitat berbagai jenis satwa, dan tempat pembesaran (nursery ground) banyak jenis ikan laut.

 

Salah satu fungsi utama hutan bakau adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk semong (tsunami).

BACA:  Hukum Hidrostatik: Pengertian ,Rumus, dan Contoh Soal

Di Jepang, salah satu upaya mengurangi dampak ancaman semong adalah dengan membangun green belt atau sabuk hijau berupa hutan bakau.

Sedangkan di Indonesia, sekitar 28 wilayah dikategorikan rawan terkena tsunami karena hutan bakaunya sudah banyak beralih fungsi menjadi tambak, kebun kelapa sawit dan alih fungsi lain

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Bakau Beserta Manfaatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET