Mengapa Otot Jantung Terus Menerus Memompa dan Apa yang Mempengaruhinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Mengapa Otot Jantung Terus Menerus Memompa dan Apa yang Mempengaruhinya

disimak baik-baik ya…

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Bantuan otot jantung diperlukan agar proses sirkulasi darah di dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal.

Otot jantung merupakan penyusun dinding jantung yang berfungsi memompa darah, baik menuju jantung maupun sebaliknya, sehingga terjadi sirkulasi darah.

Otot dalam jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot ini dianggap sebagai otot terkuat karena mampu bekerja terus menerus sepanjang waktu tanpa istirahat untuk memompa darah. Jika otot ini berhenti bekerja, maka sistem peredaran darah akan terhenti sehingga terjadilah kematian.

 
BACA:  Pengertian Ekosistem Laut Meliputi Ciri-Ciri dan Manfaatnya

Berbeda dari otot lainnya, otot ini bekerja secara tak sadar. Jadi, Anda tidak bisa mengendalikan kinerja otot ini. Aktivitas yang dilakukan oleh otot ini dipengaruhi oleh sel-sel khusus yang disebut sel pacu jantung.

Sel inilah yang bertanggung jawab untuk mengendalikan kontraksi jantung Anda. Meski demikian, bukan berarti sel pacu jantung bekerja sendirian. Cepat atau lambatnya detak jantung juga dipengaruhi oleh sistem saraf yang memberi perintah kepada sel pacu jantung. Sistem saraf kemudian akan mengirimkan sinyal ke sel-sel pacu jantung yang mendorong mereka untuk mempercepat atau memperlambat detak jantung Anda.

Jika ingin menjaga kesehatan otot jantung maka lakukanlah pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang, membatasi asupan kalori, makanan tinggi garam dan lemak, rutin melakukan aktivitas fisik, rutin cek kesehatan dan cukupi kebutuhan istirahat, juga harus bisa mengelola stres dan menghindari rokok.

BACA:  Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Hikayat

Jika Anda mengalami sesak napas, rasa lelah yang berlebihan, nyeri dada, detak jantung yang cepat, dan pembengkakan pada kaki dan tubuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penanganan dini sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Mengapa Otot Jantung Terus Menerus Memompa dan Apa yang Mempengaruhinya?

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : alodokter.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET