Mengenal Macam-Macam Pola Aliran Sungai

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Macam-Macam Pola Aliran Sungai
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Sungai
Sungai atau kali atau bengawan adalah aliran air yang besar yang terbentuk secara alamiah atau merupakan fenomena buatan alam. Sungai mengalirkan air di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu/sumber menuju ke hilir/muara. Aliran air sungai mengalir secara grafitasi dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Sungai bermula dari gunung atau dataran tinggi menuju ke danau atau lautan.

Pengertian Pola Aliran Sungai
Pola aliran sungai adalah bentuk aliran sungai yang menggambarkan keadaan profil dan genetik sungai tersebut. Terbentuknya pola aliran air sungai disebabkan oleh faktor-faktor alami seperti morfologi, jenis tanah dan batuan, tingkat erosi dan struktur geologi.

BACA:  Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

Macam-Macam Pola Aliran Sungai
1. Aliran Sungai Dendritik
Pola aliran sungai ini berbentuk seperti cabang pohon. Kata ini diambil dari bahasa Yunani ‘Dendrit’, yang berarti sejajar dengan pohon. Pola aliran sungai dendritik terdapat di daerah dengan karakteristik batuan homogen atau seragam. Selain itu, pola ini juga terdapat di daerah datar, plato, atau pantai.

2. Aliran Sungai Radial Sentrifugal
Pola aliran sungai radial sentrifugal mengalir dari pusat dan membentuk cabang-cabang dan terbentuk ketika aliran mengalir ke arah yang berbeda dari puncak pusat. Karakteristik pola aliran sungai ini biasanya ditemukan pada sungai di Gunung berapi.

3. Aliran Sungai Radial Sentripetal
Pola ini merupakan aliran sungai dari berbagai arah menuju pusat. Pola ini merupakan aliran sungai dari berbagai arah menuju pusat. Pola tersebut dibentuk oleh serangkaian aliran yang setelah muncul dari dataran tinggi di sekitarnya, kemudian berkumpul di dataran rendah tengah berupa cekungan atau danau.

 
BACA:  Mengenal Kalimat Persuasif dan Contohnya

4. Aliran Sungai Annular
Pola aliran sungai annular juga dikenal dengan pola melingkar. Pola ini alirannya menyebar secara radial dari suatu ketinggian tertentu dan ke arah hilir kembali bersatu. Pola aliran sungai ini biasa ditemukan di atas gunung.

5. Aliran Sungai Trellis
Pola aliran sungai Trellis relatif sejajar dengan anak-anak sungai yang bermuara pada sungai utama atau primer. Lalu, anak sungai sekunder bergabung dalam sudut siku-siku. Misalnya, sungai di bagian hulu wilayah Himalaya.

6. Aliran Sungai Rectangular
Pola aliran rectangular adalah adanya pertemuan pola aliran yang hampir siku-siku. Biasanya berkembang di daerah retakan atau patahan. Pola aliran ini banyak ditemukan pada sungai yang berada di daerah bebatuan dengan struktur batuan beku.

BACA:  Jangka Sorong: Sejarah, Bagian-Bagian, Cara Pembacaan dan Fungsinya

7. Aliran Sungai Parallel (Sejajar)
Pola aliran Parallel ini hampir sejajar karena letak alirannya berada di lereng yang curam. Pola paralel terdiri dari banyak sungai yang sejajar satu sama lain mengikuti kemiringan wilayahnya. Pola ini lebih sering ditemukan di dataran pantai yang baru muncul.

 

8. Aliran Sungai Pinnate
Pola yang terakhir adalah pinnate, yang aliran sungai pada muara-muara anak sungainya membentuk sudut lancip. Pola ini berbentuk seperti tulang daun menyirip. Biasanya pola ini terletak di lereng yang terjal.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET