Organisasi Pemuda Budi Utomo dan Tokoh Pendirinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Organisasi Pemuda Budi Utomo dan Tokoh Pendirinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Budi Utomo
Nama Budi Utomo diperkirakan diadaptasi dari kata bodhi yang memiliki makna keterbukaan jiwa, pikiran, akal, atau pengadilan. Budi Utomo yang dalam ejaan van Ophuijsen: Boedi Oetomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA), yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908.

Organisasi ini digagas oleh Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan budaya yang tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal pergerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, walaupun pada awalnya organisasi ini hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

BACA:  Teori Asam Basa Arrhenius Beserta Contohnya

Tokoh Pendiri
Ada empat tokoh yang memiliki peran dalam berdirinya Budi Utomo, berikut adalah empat tokoh pendiri Budi Utomo tersebut.

1. Dokter Wahidin Sudirohusodo

Wahidin Sudirohusodo lahir di Sleman, Yogyakarta pada 7 Januari 1852. Wahidin adalah salah tokoh pendiri organisasi Budi Utomo yang saat itu juga menamatkan sekolah kedokterannya di STOVIA bersama dengan Sutomo. Wahidin adalah sosok yang memberikan saran pada Sutomo hingga akhirnya mendirikan organisasi Budi Utomo.

 

2. Dokter Sutomo

Nama asli dari dokter Sutomo adalah Soebroto. Beliau lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada 30 Juli 1888. Sutomo adalah seorang dokter yang juga aktif di bidang politik. Sutomo adalah pendiri dari organisasi Budi Utomo, usai mendapatkan saran dari Wahidin Sudirohusodo, Beliau kemudian mendirikan Budi Utomo sebagai perkumpulan atau organisasi pelajar. Hal tersebut karena pada saat itu, Belanda melarang organisasi apapun yang berkaitan dengan politik.

BACA:  Pengertian Siklus Krebs Meliputi Fungsi dan Tahapannya

3. Soeradji

Soeradji lahir pada tahun 1887 di sebuah desa bernama Uteran yang berada di Kabupaten Ponorogo. Ayah dari Soeradji adalah Tirtodarmo yaitu seorang pensiunan guru sekaligus seorang kepala sekolah rakyat. Soeradji adalah salah satu dari pendiri Budi Utomo sekaligus pelajar di STOVIA yang sangat pandai serta mahir dalam berbahasa Jawa. Soeradji adalah salah satu dari pendiri Budi Utomo sekaligus pelajar di STOVIA yang sangat pandai serta mahir dalam berbahasa Jawa.

 

4. Gunawan Mangunkusumo

Pendiri Budi Utomo yang keempat adalah Gunawan Mangunkusumo yaitu sahabat dekat dari dokter Sutomo. Di organisasi Budi Utomo, Gunawan Mangunkusumo berperan sebagai sekretaris. Beliau dikenal sebagai sosok yang konsisten pada pendirian dan bahkan menjadi penggerak sekaligus motivator di Budi Utomo.

BACA:  Ketahui : Apa yang dimaksud dengan Tekanan Osmotik

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Organisasi Pemuda Budi Utomo dan Tokoh Pendirinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET