Hubungan Antara Deklarasi Balibo Dengan Upaya yang Dilakukan Pemerintah Indonesia Dalam Mempercepat Proses Integrasi Timor Timur

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Hubungan Antara Deklarasi Balibo Dengan Upaya yang Dilakukan Pemerintah Indonesia Dalam Mempercepat Proses Integrasi Timor Timur
disimak baik-baik ya…

Pengertian Deklarasi Balibo

Adalah deklarasi yang dilakukan oleh rakyat Timor Timur di kota Balibo, Timor Leste untuk bergabung menjadi bagian dari negara Republik Indonesia atau bangsa Indonesia. Deklarasi ini dilontarkan oleh Francisco Xavier Lopes da Cruz pada 30 November 1975, mewakili tiga partai politik, di antaranya adalah Partai Klibur Oan Timor Asu’wain (KOTA), Uni Demokrasi Timor (UDT) dan Associacao Popular Democratica de Timor Pro Referendo (APODETI).

 

Latar Belakang Deklarasi Balibo
Sejak abad ke-16, wilayah Timor Leste menjadi daerah koloni Portugis. Saat Presiden Spinola yang baru saja berkuasa melakukan dekolonialisasi bagi daerah-daerah jajahannya, Timor Timur mengalami kekosongan kekuasaan. eristiwa kudeta militer di Portugal oleh Jenderal Antonio de Spinola pada 1974 turut memengaruhi nasib Timor Timur. Kelompok masyarakat Timor Timur yang terdiri atas UDT, Apodeti, KOTA, dan Trabalhista kemudian menyampaikan proklamasi tandingan di Balibo pada 30 November 1975.

BACA:  Unsur Berita yang Digunakan Untuk Mengungkapkan Proses Terjadinya Peristiwa

Pernyataan yang kemudian dikenal sebagai Deklarasi Balibo ini menyatakan keinginan Timor Timur untuk berintegrasi dengan Republik Indonesia.

Maksud dan Tujuan Deklarasi Balibo
1. Maksud
Untuk memperkuat legitimasi pemerintah Indonesia menyerbu Timor Portugis dan secara de facto menggabungkannya ke dalam Republik Indonesia.

2. Tujuan
Meminta Indonesia untuk menyerbu dan mengambil alih Timor Timur. Pada 7 Desember 1975, pasukan Indonesia datang ke Timor Timur. Kemudian pada 17 Desember 1975, kelompok pro integrasi menyatakan berdirinya Pemerintah Sementara Timor Timur (PSTT) yang dipimpin oleh Arnaldo dos Reis Araujo dan Francisco Xavier dari Apodeti. Setelah PSTT, dibentuk juga DPR di wilayah Timor Timur untuk menampung kehendak rakyat. Deklarasi Balibo kemudian mendapatkan pengesahan dalam Undang-Undang No. 7 tahun 1976 dan kemudian dinyatakan sebagai hari integrasi atau lahirnya Timor Timur.

BACA:  Mengenal Apa Itu Kamuflase, Fungsi dan Contoh Hewan yang Berkamuflase

Hubungan Antara Proklamasi Balibo Dengan Upaya yang Dilakukan Pemerintah Indonesia Dalam Mempercepat Proses Integrasi Timor Timur
Sebagian besar Rakyat Timor Timur meminta Indonesia untuk menyerbu dan mengambil alih Timor Timur dengan dideklarasikannya Deklarasi Balibo. Dengan demikian, tuntutan Indonesia agar keinginan integrasi dilegalisasi terlebih dahulu dapat terpenuhi. Deklarasi Balibo kemudian mendapatkan pengesahan dalam Undang-Undang No. 7 tahun 1976 dan kemudian dinyatakan sebagai hari integrasi atau lahirnya Timor Timur.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Hubungan Antara Deklarasi Balibo Dengan Upaya yang Dilakukan Pemerintah Indonesia Dalam Mempercepat Proses Integrasi Timor Timur
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET