Mengenal 4 Musim yang Ada di Dunia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal 4 Musim yang Ada di Dunia
disimak baik-baik ya…

 

Bagi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia hanya mengenal 2 musim yakni musim kemarau dan musim hujan, hal ini disebabkan kerena kawasan Asia Tenggara dilalui oleh jalur atau garis khatulistiwa. Akan tetapi, secara umum sebenarnya dalam satu tahun wilayah bumi dibedakan menjadi 4 musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur.

Musim Dingin
Musim dingin atau musim salju merupakan saat paling dingin di wilayah beriklim kutub dan beriklim sedang ataupun subtropis. Musim ini pun merupakan salah satu dari empat musim yang ada di negara-negara beriklim sedang dan subtropis. Oleh karena sumbu bumi yang miring sekitar 23,5 derajat, hal tersebut menyebabkan pergantian musim di seluruh penjuru bumi. Musim dingin terjadi saat suatu belahan bumi menjauh dari matahari.

Musim Semi

Musim semi adalah salah satu dari empat musim di daerah subtropis, peralihan dari musim dingin ke musim panas. Musim semi terjadi setelah musim dingin, di mana tumbuh-tumbuhan mekar kembali, karena itulah musim semi juga disebut “musim bunga”. Musim semi membuat siang hari menjadi lebih panjang daripada malam hari. Hawa di musim semi biasanya terasa agak panas karena menjelang musim panas. Berbeda dengan musim gugur yang udaranya terasa agak dingin karena menjelang musim dingin.

BACA:  Mengenal Penyebab Kaki Gajah pada Manusia

Musim Panas
Musim panas adalah salah satu musim di negara beriklim sedang dan subtropis. Tergantung letak sebuah negara, musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di banyak negara, musim panas adalah musim liburan sekolah. Pada musim ini orang-orang di negara-negara subtropis tersebut biasa ke pantai untuk berjemur. Selain itu, pada musim panas buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan umumnya sedang pada masa pertumbuhan penuhnya.

Musim Gugur
Musim gugur adalah salah satu dari empat musim di daerah beriklim sedang, dan merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin. Musim gugur biasanya dimulai setelah terjadinya ekuinoks dengan pergerakan matahari meninggalkan zona tersebut. Panjang hari menjadi semakin singkat dan suhu mulai menurun. Musim ini juga ditandai dengan meningkatnya presipitasi.

BACA:  Sejarah Singkat Keruntuhan Kerajaan Kota Kapur

Dalam zona beriklim sedang di bumi, musim gugur merupakan musim panen bagi tanaman-tanaman yang ditanam atau bersemi pada musim semi, dan pepohonan peluruh meluruhkan daun-daunnya sehingga disebut sebagai musim gugur atau rontok.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal 4 Musim yang Ada di Dunia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET