Pengertian dan Etimologi Angin Tornado Beserta Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Etimologi Angin Tornado Beserta Jenis-Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado didefinisikan oleh Glosari Meteorologi sebagai “kolom udara yang berputar kencang yang menyatu dengan permukaan tanah dan muncul dari awan dan sering (namun tidak selalu) tampak sebagai suatu awan corong.

Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

BACA:  Unsur-Unsur Ekonomi Makro

Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300–480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Etimologi

Kata “tornado” merupakan perubahan dari kata dalam Bahasa Spanyol tronada, yang berarti “badai petir”. Kemudian, kata tornado juga diambil dari Bahasa Latin tonare, yang berarti “gemuruh”. Kata ini sangat mungkin merupakan kombinasi dari bahasa Spanyol tronada dan tornar (“berputar”); namun, kata ini mungkin juga merupakan suatu etimologi rakyat.

Jenis-Jenis

Berikut adalah jenis-jenis angin tornado:

BACA:  Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup

1. Tornado multi-pusaran
Tornado multi-pusaran adalah suatu jenis tornado dimana dua atau lebih kolom udara yang menggumpal berputar mengelilingi pusat.

2. Satelit tornado
Satelit tornado adalah suatu istilah untuk tornado lemah yang terbentuk dekat tornado besar kuat yang terjadi dalam mesosiklon yang sama.

 

3. Puting Beliung
Puting Beliung secara resmi digambarkan secara singkat oleh National Weather Service Amerika Serikat seperti tornado yang melintasi perairan. Namun, para peneliti umumnya mencirikan puting beliung “cuaca sedang” berasal dari puting beliung tornado.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Etimologi Angin Tornado Beserta Jenis-Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET