Karakteristik Zaman Neolitikum dan Peninggalannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Karakteristik Zaman Neolitikum dan Peninggalannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Zaman Batu Muda atau Neolitikum adalah fase atau tingkat kebudayaan pada zaman prasejarah yang mempunyai ciri-ciri berupa unsur kebudayaan, seperti peralatan dari batu yang diasah, pertanian menetap, peternakan, dan pembuatan tembikar. Fase ini dimulai pada sekitar Milenium ke-10 sebelum masehi.

Neolitikum atau Jaman Batu Baru dimulai ketika manusia mulai mengasah dan menghaluskan beberapa peralatan batu mereka setelah menyumbingnya. Jaman Batu Baru dimulai kurang dari sepuluh ribu tahun yang lalu. Peta Eropa di periode ini menampilkan garis besar hampir sama dengan peta sekarang.

Karakteristik
Neolitikum atau zaman batu muda adalah sebuah zaman yang berlangsung sekitar 1.500 tahun sebelum masehi. Beberapap karakteristik kehidupan zaman batu di mana Neolitikuk adalah sebagai berikut:

BACA:  Pengertian Pembelahan Mitosis Meliputi Ciri-Ciri dan Tujuannya

1. Peralatan sudah dihaluskan dan diberi tangkai.
2. Alat yang digunakan antara lain kapak persegi dan lonjong.
3. Pakaian terbuat dari kulit kayu dan kulit binatang.
4. Perhiasan terbuat dari kulit kerang, terrakota dan batu.
5. Tempat tinggal menetap (sedenter).
6. Memiliki kemampuan bercocok tanam.
7. Menganut kepercayaan Animisme dan Dinamisme.

Peninggalan

Hasil dari kebudayaan zaman batu muda itu menunjukkan bahwa manusia purba itu sudah mengalami banyak kemajuan di dalam menghasilkan alat-alat. Terdapat sentuhan tangan manusia, bahan masih tetap dari batu. Namun sudah lebih halus, diasah, ada juga sentuhan rasa seni. Fungsi dari alat yang dibuat jelas untuk pengggunaannya. Hasil budaya zaman neolithikum, antara lain ialah sebagai berikut:

BACA:  Latar Belakang Peralihan Kehidupan Manusia Dari Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Menuju Masa Bercocok Tanam

1. Kapak persegi. Kapak ini dibuat dari batu persegi. Kapak tersebut dipergunakan untuk mengerjakan kayu, menggarap tanah, serta melaksanakan upacara. Di Indonesia, kapak persegi disebut juga dengan beliung persegi banyak ditemukan di Jawa, Kalimantan Selatan, Sulawesi, serta Nusa tenggara.
2. Kapak lonjong. Kapak ini disebut juga dengan kapak lonjong karena penampangnya berbentuk lonjong. Ukurannya itu ada yang besar serta ada yang kecil. Alat digunakan yakni sebagai cangkul untuk menggarap tanah serta memotong kayu atau pohon. Jenis kapak lonjong ini ditemukan di Maluku, Papua, serta Sulawesi Utara.
3. Mata panah. Terbuat dari batu yang diasah dengan secara halus. Berguna untuk berburu. Penemuan mata panah terbanyak di Jawa Timur serta juga Sulawesi Selatan.
4. Gerabah yang dibuat dari tanah liat. Fungsinya adalah untuk berbagai keperluan terutama untuk menyimpan biji bijian dan daging
5. Perhiasan. Masyarakat pra-aksara pada masa neolitikim sudah mengenal perhiasan, diantaranya berupa gelang, kalung, serta juga anting-anting. Perhiasan banyak ditemukan di Jawa Barat, dan juga Jawa Tengah.
6. Alat pemukul kulit. Alat ini digunakan untuk dapat memukul kulit kayu yang akan digunakan, yakni sebagai bahan pakaian. Adanya alat tersebut membuktikan bahwa pada zaman neolithikum itu manusia pra- aksara sudah mengenal pakaian.

 
BACA:  Pengertian Tulang Pengumpil Meliputi Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Karakteristik Zaman Neolitikum dan Peninggalannyaa
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET