Fungsi Bantalan Kulit di Telapak Kaki Unta

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Apakah Fungsi Bantalan Kulit di Telapak Kaki Unta?

disimak baik-baik ya…

Keistimewaan Hewan Unta

Unta adalah hewan yang identik dengan gurun pasir, dan mendapat julukan sebagai kapal gurun. Meskipun gurun memiliki cuaca yang panas terik dan cenderung berpasir tetapi unt tetap dapat beradaptasi pada keaadan tersebut.

Unta bahkan mampu membawa beban berat dalam jarak yang panjang dan jauh melintasi gurun dengan kecepatan sedang. Hal ini di sebabkan karena unta memiliki kaki yang panjang, kaki tersebut memiliki otot yang kuat.

 

unta adalah pelari tangguh dan mencapai kecepatan tertinggi 40 mil per jam dalam waktu singkat, secepat kuda. Unta dapat berlari dalam jarak lebih jauh lagi dengan kecepatan 25 mil per jam. Unta juga bisa menutup lubang hidungnya terhadap debu yang beterbangan dan matanya dilindungi oleh bulu mata.

BACA:  Pengertian dan Postulat Teori Kinetik Gas

Dengan berbagai bagian tubuh itu unta mampu beradaptasi baik di iklim panas dan kering. Unta dapat melakukan perjalanan jauh tanpa makan atau minum selama beberapa minggu. Unta berpunuk satu atau unta Dromedaris ditemukan di padang pasir Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara. Sedangkan unta berpunuk dua atau unta Bactrian berasal asli dari Gurun Gobi di China dan stepa Bactrian dari Mongolia.

Fungsi Bantalan Kulit di Telapak Kaki Unta

Unta memiliki bantalan kulit yang lebar di telapak kakinya yang memiliki fungsi menghubungkan kedua jari kakinya. Bantalan ini menyebar ketika kaki unta menyentuh permukaan pasir.

Bantalan tersebut menyangga kaki unta di atas pasir sehingga unta tetap dapat menyeimbangkan tubuhnya dan tetap berjalan kokoh meskipun di atas pasir yang terik bahkan sambil membawa beban yang berat.

 
BACA:  Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsi dari Kalimat Penjelas

Dengan adanya bantalan kaki, memungkinkan unta menggenggam permukaan bumi yang berpasir dengan kuat. Bantalan ini mencegah kaki unta tenggelam dalam pasir. Kuku kaki melindungi kaki dari kerusakan akibat benjolan.

Kedua kaki unta di sisi yang sama akan naik dan turun bersamaan. Kinerja ini akan menghasilkan gerakan yang berayun.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Apakah Fungsi Bantalan Kulit di Telapak Kaki Unta?

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : Gramedia.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET