Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami
disimak baik-baik ya…

 

Perkembangan vegetatif alami pada tumbuhan ialah salah satu proses memperbanyak diri oleh secara alami dengan cara non seksual atau dilakukan dengan alami tanpa melibatkan adanya campur tangan dari mahluk lain.

Berikut ini ialah macam-macam perkembangan vegetatif alami pada tumbuhan :
1. Umbi
Perkembangbiakan tumbuhan yang memiliki umbi dilakukan dengan menggunakan umbi itu sendiri. Umbi tersebut akan ditanam dan akan menghasilkan tumbuhan baru setelahnya. Ada tiga jenis perkembangbiakan dengan melalui umbi yakni umbi lapis, umbi batang dan umbi akar.

2. Tunas
Perkembangbiakan dengan cara vegetatif alami yang berikurnya adalah tunas. Tunas pada umumnya akan tumbuh di ketiak daun, ruas-ruas batang, dan bagian ujung batang.

BACA:  Analisis Kata Serapan Pada Teks Resensi 1 & 2 (Buku Paket Bhs. Indonesia XI Revisi 2017 : 226-229)

3. Akar Tinggal
Akar tinggal atau rumpang ialah sebuah batang yang tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut akan tumbuh dengan posisi mendatar dan memiliki bentuk bersisik serta berbuku-buku.

4. Geragih
Geragih atau stolon merupalan sebuah batang yang tumbuh dengan cara menjalar. Batang ini bisa tumbuh di dalam maupun di atas permukaan tanah. Geragih akan tumbuh seakan berbuku-buku. Pada bagian ujungnya juga akan ditumbuhi oleh tunas. Tunas tersebut yang nantinya akan bertumbuh dan menjadi tanaman baru.

 

5. Rimpang
Rimpang ialah sebuah batang yang tumbuh ke dalam lapisan tanah. Rimpang adalah organ tumbuhan vegetatif alami yang tumbuh secara horizontal. Pada bagian batang tumbuhan tersebut, akan tumbuh tunas. Selain tunas, akar baru juga akan tumbuh di batang tersebut.

BACA:  Variasi Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket

6. Stolon
Stolon juga termasuk ke dalam perkembangbiakan vegetatif alami. Stolon ini hampir sama menyerupai rimpang. Akan tetapi, perbedaan utamanya terletak pada bagaimana stolon tersebut akan bertumbuh.

7. Spora
Spora ialah salah satu cara perkembangan vegetatif tumbuhan yang dilakukan dengan adanya pembentukan kantung kecil. Kantung kecil tersebut akan berisi berbagai materi genetik. Materi genetik ini nantinya akan tetap bisa bertahan di dalam keadaan yang kritis.

8. Membelah Diri
Berkembang biak dengan cara membelah diri tak hanya bisa dilakukan oleh hewan saja. Namun, tumbuhan juga bisa berkembang biak dengan cara tersebut. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri sama seperti hewan yakni dengan memutuskan salah satu bagian tubuhnya.

 
BACA:  Pengertian dan Cara Mengatasi Limbah

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET