Karakteristik Benua Afrika Beserta Letak Astronomis dan Geografisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Karakteristik Benua Afrika Beserta Letak Astronomis dan Geografisnya
disimak baik-baik ya…

 

Afrika merupakan satu-satunya benua yang ditinggali nenek moyang manusia hingga sekitar dua juta tahun lampau ketika Homo erectus berkembang ke luar Afrika menuju Eropa dan Asia.

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi.

Afrika adalah tempat tinggal manusia yang paling awal, dari benua ini manusia kemudian menyebar ke benua-benua lain. Afrika adalah tempat di mana garis evolusi kera menjadi berbeda dari protohuman tujuh juta tahun yang lalu. Lebih dari 1,5 juta tahun kemudian, populasi dari tiga benua itu mengikuti evolusi yang berlainan sehingga mereka menjadi spesis yang berbeda. Yang di Eropa menjadi Neanderthal, yang di Asia tetap Homo erectus, tetapi yang di Afrika berevolusi menjadi Homo sapiens.

BACA:  Pengertian dan Fungsi Lidah Serta Bagian-Bagiannya

Karakteristik Benua Afrika adalah sebagai berikut:

  1. Disebut sebagai ‘Benua Hitam’ karena sebagian besar dari penduduknya mempunyai warna kulit hitam.
  2. Mempunyai gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara. Gurun tersebut mempunyai luas hingga mencapai sekitar 8,4 juta km². Gurun ini membentang dari wilayah Senegal di Barat hingga ke daerah Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yakni Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.
  3. Mempunyai dataran tinggi Ethiopia dan gunung api Kilimanjaro sebagai gunung tertinggi yang ada di benua Afrika.
  4. Benua Afrika mempunyai salah satu sungai terpanjang di dunia, yakni Sungai Nil dengan panjang hingga mencapai 6.690 km.
  5. Ditemukan piramida-piramida yang adalah makam dari raja-raja Mesir kuno. Piramida ini adalah salah satu dari keajaiban dunia.
  6. Afrika mempunyai 800 bahasa yang paling banyak digunakan, misalnya kelompok bahasa Afro Asiatik (bahasa Arab, Somalia, Amharik, Berber, Hausa dan Oromo), bahasa Nil-Sahara (Luo, Songhay, Nubian, dan Maasai), Niger-Kongo (Swahili, Igbo, Yoruba, Fula, dan Shona), serta Khoisan (Sandawe, Khoe, Hadza, Ju).
  7. Membentang dari utara ke selatan hingga sepanjang 8.000 km menjadikan benua Afrika mempunyai berbagai ragam iklim. Kawasan yang terletak di dekat garis ekuator dengan iklim tropis, lalu subtropis, serta iklim gurun.
  8. Perekonomian dari negara-negara di Benua Afrika termasuk dalam kategori menengah ke bawah hingga batas krisis.
  9. Benua Afrika mempunyai keanekaragaman hayati yang berbagai ragam karena kondisi iklimnya yang berbeda-beda.
BACA:  Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya

Benua Afrika memiliki posisi di 37°LU – 34°LS dan 17°BB – 51°BT. Secara geografis, Benua Afrika berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika juga berada di sebelah selatan dari Benua Eropa.

 

Titik paling utara dari Benua Afrika ialah Al-Ghiran, Tunisia, dan yang menjadi titik paling selatan ialah di Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Titik paling timur yakni di Xaafuun (Hafun) Point, dekat wilayah Tanjung Gwardafuy, Somalia. Dan titik paling barat yaitu di Almadi Point, Tanjung Verde, Senegal.

Batas-batas Benua Afrika ialah sebagai berikut:

  1. Utara: Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa
  2. Selatan dan Barat: Samudera Atlantik Timur: Samudera Hindia dan Laut Merah.
BACA:  Persamaam Ciri Nautilus Pompilius dan Pila Ampullacea Pilidae

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Karakteristik Benua Afrika Beserta Letak Astronomis dan Geografisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET