Teori Relativitas dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Teori Relativitas dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Teori Relativitas
Relativitas milik Einstein menjadi penyempurnaan teori fisika klasik yang dicetuskan oleh Sir Isaac Newton. Kita jadi memahami bahwa gravitasi terbentuk karena adanya sebuah massa yang cukup besar untuk melengkungkan ruang dan waktu, yang membuat benda disekitarnya tertarik mendekat.

Pada tahun 1905 Albert Einstein mengemukakan teori relativitasnya yang mematahkan prinsip hukum fisika klasik tersebut, dimana teori ini mulai menjawab semua pertanyaan aneh yang terjadi di alam kita saat itu.

Berdasarkan teori relativitas ini menyatakan bahwa ruang dan waktu dapat dibengkokan. Konsep dasar dari teori relativitas disusun oleh Albert Einstein menjadi dua jenis, yaitu teori relativitas khusus dan teori relativitas umum. Kedua teori ini diciptakan untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerakan Newton.

BACA:  Karakteristik Zaman Mesolitikum dan Peninggalannya

Teori Relativitas Khusus
Einstein menemukan teori relativitas khusus yang mempercayai dua postulat, yakni:
1. Postulat pertama yang menyatakan bahwa hukum fisika adalah mutlak atau memiliki sifat yang sama pada setiap kerangka acuan yang konstan atau tetap (inersial). Artinya pada setiap kerangka acuan yang konstan (bergerak konstan atau tidak bergerak sama sekali) hukum fisika memiliki bentuk yang sama.

2. Postulat yang kedua yang menyatakan bahwa kecepatan cahaya selalu konstan serta memiliki nilai (c =3x 108 m/s) dan tidak tergantung pada sumber cahaya dan posisi si pengamat.

 

Dampak Teori Relativitas Khusus
Beberapa dampak yang terjadi akibat adanya teori relativitas khusus ini yakni sebagai berikut:
1. Dilatasi Waktu
2. Kontraksi Panjang
3. Massa Relativistik
4. Momentum Relativistik
5. Energi Relativistik

BACA:  Pengertian, Ciri, dan Dampak Negatif Gejala Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat

Teori Relativitas Umum
Teori relativitas umum adalah penggabungan yang dilakukan oleh Einstein tentang teori newton mengenai gravitasi dengan relativitas miliknya.

Einstein menjelaskan bahwa gravitasi muncul sebagai bagian dari ruang dan waktu. Gravitasi tidak ada begitu saja, melainkan merupakan hasil dari lengkungan ruang dan waktu yang disebabkan adanya sebuah besaran massa. Sehingga massa ini membuat ruang dan waktu menjadi melengkung, begitu juga dengan benda-benda di sekitar lengkungan yang tertarik mendekati sumber lengkungan.

Manfaat Teori Relatifitas Bagi Kehidupan Manusia
Beberapa Manfaat Teori Relatifitas Bagi Kehidupan Manusia adalah sebagai berikut:
1. Dampak dari kemunculan teori relativitas Einstein yang begitu mengubah dunia adalah adanya GPS. Dengan adanya GPS kita dapat melakukan perkiraan dan perhitungan lokasi dengan akurat yang tentu berdampak besar pada alat transportasi seperti mobil, kereta hingga pesawat.

 
BACA:  Contoh Pengamalan Sila-Sila Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

2. Kecanggihan teknologi selanjutnya yang lahir berkat teori relativitas adalah ada TV yang dapat menayangkan siaran dengan gambar dan suara.

3. Relativitas rupanya memberikan dampak super besar dan luas, seperti membantu kemajuan ilmiah dalam ilmu kimia yakni dengan adanya penemuan merkuri serta penemuan logam cair.

4. Segala teknologi berbasis nuklir yang ada saat ini juga tidak jauh dari teori relativitas. Mulai dari mesin nuklir, tenaga nuklir, dan bom atom semuanya berlandaskan relativitas. Reaksi nuklir terjadi dari adanya perpecahan inti atom secara berantai yang menembakkan neutron berkali-kali. Reaksi ini juga dirumuskan oleh Einstein dengan E=MC2.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Teori Relativitas dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET