Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk
disimak baik-baik ya…

 

Fakta Nyamuk
Nyamuk merupakan hewan yang termasuk ke dalam golongan serangga.  Kehadiran nyamuk cukup mengganggu bagi manusia.

Tak hanya sebagai sumber penyakit, gigitan dari nyamuk juga mengakibatkan reaksi alergi contohnya yaitu gatal-gatal ataupun bentol-bentol, bahkan nyamuk dianggap sebagai hewan serangga yang cukup mematikan. Hal tersebut diakibatkan sebab gigitan nyamuk adalah sebab wabah dari demam berdarah. Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang dikarenakan oleh Dengue Virus (DENV).

Tetapi sebenarnya makanan utama dari nyamuk itu ialah sari bunga sehingga bukanlah darah dari manusia. Berikut terdapat enam fakta menarik sekilas nyamuk:

BACA:  Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Paru-Paru

1. Nyamuk tidaklah mempunyai gigi, hewan ini mengisap sumber makanannya dengan mempergunakan belalai yang dimilikinya.
2. Hewan nyamuk ini mempunyai makanan utama berupa sari buah dan bunga ataupun nektar.
3. Jenis hewan nyamuk jantan biasanya tidak mengisap sebuah darah, jadi hanya jenis betina yang memerlukan protein dalam darah guna membuat telur
4. Terdapat sekitar 3000 jenis spesies nyamuk yang berada di dunia
5. Nyamuk ternyata telah ada pada zaman dinosaurus.
6. Hewan ini tidak bisa hidup dalam waktu lama, masa hidup untuk nyamuk Culex tersebut hanya berkisaran selama 7 hari saja.

Siklus Hidup Nyamuk

Fase lengkap dari daur hidup nyamuk mulai dari menjadi telur sampai menjadi dewasa adalah sebagai berikut:

BACA:  Penggolongan Jenis-Jenis Tenaga Kerja

1. Telur
Bertelur adalah fase pertama hewan nyamuk ini berdaur hidup. Seekor jenis nyamuk betina tersebut bisa bertelur sekitar 100 sampai 399 butir dalam satu kali proses pembuahannya bergantung dengan spesiesnya.

 

2. Larva
Larva atau yang biasa disebut juga sebagai jentik nyamuk, adalah fase selanjutnya setelah bertelur. Di fase ini nyamuk bisa mengganti kulitnya sebanyak 4 kali yang disebut dengan sebutan intar satu, dua, hingga tiga. Pergantian kulit tersebut diikutinya sesuai oleh perubahan pada ukuran nyamuk sebelum melakukan fase transisi pupa.

3. Pupa
Pada fase ini adalah fase untuk jeda atau waktu beristirahat nyamuk sebelum dirinya berubah menjadi sebuah nyamuk dewasa. Serupa dengan kepompong pada kupu-kupu, pada pupa nyamuk ia tidak memerlukan minum atau makan.

BACA:  Mengenal Pola Hereditas dan Hukum Mendel yang Mendasarinya

4. Nyamuk Dewasa
Setelah terbentuknya organ tubuh dari nyamuk yakni sayap, kaki, dada, perut, mata, antena, dan belalai yang terbuat sempurna jika hewan telah siap untuk terbang.

Biasanya nyamuk dewasa akan berada di permukaan air guna mengeringkan tubuhnya tersebut agar dapat terbang. Pada umumnya nyamuk jenis jantan akan keluar dulu dari kepompong, lalu disusul oleh betina. Hal itu adalah fase terakhir nyamuk sebelum nyamuk dewasa tersebut kembali bereproduksi dan mengulang proses daur hidupnya.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET