Pengertian Karbon dan Peranan Siklus Karbon Terhadap Iklam Global

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Karbon dan Peranan Siklus Karbon Terhadap Iklam Global
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Karbon
Karbon atau zat arang adalah sebuah unsur kimia dengan lambang C dan nomor atom 6. Karbon merupakan unsur paling melimpah ke-15 di kerak Bumi, dan unsur paling melimpah keempat di alam semesta berdasarkan massa setelah hidrogen, helium, dan oksigen.

Kelimpahan karbon, keragaman senyawa organiknya yang unik, dan kemampuannya yang tidak biasa untuk membentuk polimer pada suhu yang biasa ditemui di Bumi, memungkinkan unsur ini berfungsi sebagai unsur yang umum dari semua kehidupan yang diketahui. Ia merupakan unsur paling melimpah kedua dalam tubuh manusia berdasarkan massa (sekitar 18,5%) setelah oksigen

BACA:  Pengertian, Penyebab dan Dampak Hujan Asam Bagi Kehidupan

Daur karbon merupakan siklus biogeokimia yang sudah ada di bumi sejak jutaan tahun. Biogeokimia adalah suatu pertukaran atau terjadinya perubahan yang berlangsung terus menerus antara komponen abiotik dengan komponen biotik.

Contoh komponen abiotik adalah tanah, air, udara, sinar matahari, sedangkan komponen biotik mencakup makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Bagian terbesar dari karbon yang berada di atmosfer bumi adalah gas karbon dioksida (CO2). Meskipun jumlah gas ini merupakan bagian yang sangat kecil dari seluruh gas yang ada di atmosfer (hanya sekitar 0,04% dalam basis molar, meskipun sedang mengalami kenaikan), tetapi ia memiliki peran yang penting dalam menyokong kehidupan.

 

Model Siklus Karbon
Model siklus karbon dapat digabungkan ke dalam model iklim global, sehingga reaksi interaktif dari lautan dan biosfer terhadap nilai CO2 pada masa depan dapat dimodelkan.

BACA:  Pengertian Limbah Meliputi Jenis dan Karakteristiknya

Model-model seperti itu biasanya menunjukkan bahwa ada timbal balik yang positif antara temperatur dan CO2. Sebagai contoh, Zeng dkk. menemukan dalam model mereka bahwa terdapat pemanasan ekstra sebesar 0,6 °C.

Siklus Karbon terhadap Iklim Global
Siklus karbon menjaga keseimbangan konsentrasi karbon pada atmosfer, laut dan permukaan bumi. Jumlah yang berlebihan pada salah satu komponen dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada keseluruhan siklus dan kondisi bumi. Jumlah karbon dalam bentuk karbon dioksida pada atmosfer yang berlebihan berpengaruh salah satunya dalam perubahan iklim.

Perubahan kandungan karbon dioksida secara signifikan mengakibatkan terjadi kenaikan temperatur permukaan bumi yang ekrtrem, di mana dalam periode 25 tahun terakhir laju kenaikan temperature permukaan bumi mencapai 0,177±0,052⁰C per dekade.

 
BACA:  Prinsip Aufbau dan Langkah-Langkah Penulisan Konfigurasi Elektron

Kenaikan temperatur permukaan bumi yang ekstrem ini dapat memengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi, di antaranya mencairnya es di kutub, meningkatnya ketidakseimbangan tanah, perubahan berbagai ekosistem, bencana banjir meningkat, dan lain-lain. Oleh karena itu, manusia perlu mengurangi pembakaran bahan bakar fosil dan langkah-langkah lainnya untuk mengurangi pelepasan karbon ke atmosfer.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Karbon dan Peranan Siklus Karbon Terhadap Iklam Global
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET