Perbedaan Antara Gymnospermae dan Angiospermae

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Antara Gymnospermae dan Angiospermae
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Gymnospermae
Gymnospermae berasal dari bahasa Yunani: gymnos yang berarti telanjang dan sperma yang berarti biji atau tumbuhan berbiji terbuka merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah atau ovarium.

Gymnospermae adalah tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh buah. Alat reproduksi pada tumbuhan Gymnospermae dikenal dengan sebutan strobilus. Pada tumbuhan ini terdapat pembuluh yang disebut dengan xylem dan floem. Pembuluh ini berfungsi untuk mengangkut serta menyebarkan air dan makanan ke seluruh bagian pada tumbuhan.

Proses reproduksi pada tumbuhan Gymnospermae dibantu oleh angin. Jadi, ketika angin berembus, serbuk sari pada bunga akan langsung jatuh ke bakal biji.

BACA:  Makna Tersirat dari Teks Anekdot "Onyod Si Tukang Becak"

Pengertian Angiospermae
Angiospermae atau Anthophyta adalah tumbuhan bunga atau Magnoliophyta adalah tumbuhan sekerabat dengan magnolia yag merupakan kelompok terbesar tumbuhan yang hidup di daratan. Nama Angiospermae diambil dari penggabungan dua kata bahasa Yunani Kuno: αγγειον (aggeion, “penyangga” atau “pelindung”) dan σπερμα (sperma, bentuk jamak untuk “biji”) yang diperkenalkan oleh Paul Hermann pada tahun 1690.

Angiospermae adalah jenis tumbuhan dengan biji tertutup, istilah ini merujuk pada biji pada tumbuhan ini diselubungi oleh kulit dan daging buah. Bagian biji yang dihasilkan oleh tumbuhan Angiospermae berasal dari bunga.

 

Angiospermae juga memiliki jenis pembuluh yang sama dengan Gymnospermae. Fungsi dari pembuluhnya juga untuk mengangkut serta menyebarkan air dan makanan.

BACA:  Mengenal Pahlawan Nasional Untung Suropati dan Perjuangannya

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae
Perbedaan antara Angiospermae dan Gymnospermae adalah sebagai berikut:
1. Tumbuhan gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka mempunyai akar tunggang, sedangkan tumbuhan angiospaermae adalah tumbuhan berbiji tertutup yang akarnya beragam yakni tumbuhan dikotil berakar tunggang dan monokotil berakar serabut.

2. Tumbuhan gymnospermae semua batangnya yang mengandung kambium, sedangkan tumbuhan angiospaermae bagian batangnya ada yang berkambium dan ada juga yang tidak. Tumbuhan dikotil berkambium dan tumbuhan monokotil tidak berkambium.

3. Tumbuhan gymnospermae mempunyai biji yang tidak terlindungi dalam ovarium atau bakal buah sehingga bisa terlihat dari luar di antara daun-daun, sedangkan tumbuhan angiospermae tertutupi oleh daun buah sehingga tidak bisa dilihat dari luar.

 
BACA:  Buku IPA Kelas 9 SMP Hal. 54 Tabel 2.1: Cara Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan

4. Tumbuhan gymnospermae mempunyai alat reproduksi berbentuk strobilus yakni kumpulan sporofil yang membentuk struktur kerucut di ujung tunas fertile, sedangkan tumbuhan angiospermae mempunyai alat reproduksi berbentuk bunga yang terdiri dari benang sari sebagai alat kelamin jangan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Contoh Gymnospermae
Contoh Gymnospermae adalah Cycas revoluta, Ginkgo biloba, Pinus, Sequoia, Welwitschia mirabilis, dan Gnetum gnemon.

Contoh Angiospermae
Contoh tumbuhan yang termasuk ke dalam Angiospermae yaitu monokotil, antara lain bunga lili, palem, anggrek, iris, dan jagung. Adapun yang termasuk ke dalam kelompok dikotil, di antaranya adalah tumbuhan apel, stroberi, kacang-kacangan, dan mawar.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Perbedaan Antara Gymnospermae dan Angiospermae
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET