Alasan Penyebab Warna Langit Berawarna Biru

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Alasan Penyebab Warna Langit Berawarna Biru
disimak baik-baik ya…

 

Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi, dan digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut atmosfer. Langit terdiri dari banyak gas dan udara, dengan komposisi berbeda di tiap lapisannya. Langit sering terlihat berwarna biru ketika pagi maupun siang hari, karena udara membiaskan cahaya biru dari sinar matahari lebih banyak dibandingkan cahaya merah. Langit dapat berubah warna dalam kondisi tertentu, misalnya merah ketika senja atau hitam saat turun hujan. Tetapi pada siang hari umumnya langit akan tampak berwarna biru.

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa langit berwarna biru.

BACA:  Mengetahui Definisi Penginderaan Jauh Meliputi Komponen dan Manfaatnya

1. Terdapat Gelombang Cahaya Pendek
Sumber cahaya yang ada di alam semesta adalah Matahari. Sinarnya yang berwarna putih memancar ke planet-planet yang mengitari Matahari, termasuk juga Bumi tempat tinggal manusia. Saat sinar Matahari memancar ke Bumi, maka cahaya putih itu akan melewati atmosfer Bumi.

Atmosfer bumi diumpamakan sebagai Prismas. dimana atmosfer Bumi yang mengandung berbagai macam gas seperti karbon, nitrogen, oksigen, dan lainnya akan menyebabkan cahaya menjadi terpecah-pecah apabila melewatinya.

Cahaya yang terpecah tersebut akan berubah menjadi gelombang yang berbeda-beda. Ada gelombang yang panjang dan ada beberapa gelombang yang pendek. Gelombang cahaya panjang tersebut akan berubah menjadi warna kuning, jingga, dan juga merah. Sementara itu, gelombang cahaya pendek akan menjadi warna biru dan hijau. Warna-warna itulah yang bisa diterima oleh retina mata kita.

 
BACA:  Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia

2. Gelombang Cahaya Pendek Berhamburan di Angkasa
Apabila gelombang cahaya panjang bisa diteruskan lurus sampai jarak yang sangat jauh, maka gelombang pendek sebagian besar akan berhamburan di angkasa. Hal itulah yang bisa membuat sebagian besar langit berwarna biru dibandingkan dengan warna-warna lainnya. Cahaya gelombang pendek tersebut memang seolah-olah menyelimuti Bumi, sehingga langit yang luas juga akan terlihat biru.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Alasan Penyebab Warna Langit Berawarna Biru
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET