Mengetahui Cara Menentukan Kutub Elektromagnet

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Cara Menentukan Kutub Elektromagnet
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Elektromagnet
Elektromagnet adalah jenis magnet yang dihasilkan oleh medan magnet yang memiliki arus listrik. Pada umumnya, Elektromagnet terdiri dari kawat yang dililit menjadi kumparan. Arus yang melalui kawat menciptakan medan magnet yang terkonsentrasi dalam pusat kumparan.

Elektromagnet banyak digunakan sebagai komponen dari perangkat listrik lainnya, seperti motor, generator, solenoid elektromekanis, relai, pengeras suara, cakram keras, mesin MRI, instrumen ilmiah, dan peralatan pemisahan magnetik.

Menentukan jenis kutub magnet pada kumparan yang dialiri arus listrik searah / DC atau biasa disebut elektromagnet. Magnet ini terbuat dari kawat konduktor yang dililit dalam jumlah tertentu kemudian dialiri oleh arus listrik searah atau DC dan bukan arus bolak-balik atau AC).

BACA:  Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia

Cara menentukan kutub magnet elektromagnet
Kutub magnet besi lunak yang terbentuk tergantung pada arah arus listrik. Arah arus listrik dalam hal ini adalah arah lilitan kawat pada batang besi lunak, searah atau berlawanan dengan arah jarum jam.

Akan tetapi jumlah lilitan kawat pada batang besi lunak tidak mempengaruhi pembentukan kutub magnet. Jumlah lilitan kawat berpengaruh pada kekuatan magnet yang dihasilkan pada batang besi lunak. Semakin banyak lilitan kawat semakin kuat magnet yang dihasilkan.

 

Menentukan jenis kutub magnet yang terbentuk pada kedua unjung besi lunak setelah dialiri arus listrik searah, agaknya cukup sukar. Oleh sebab itu diperlukan aturan tertentu untuk menentukan jenis kutub magnet. Aturan yang paling mudah adalah kaidah tangan kanan.

BACA:  Pengertian, Rumus dan Contoh Soal Hukum Hess

Kaidah atau aturan tangan kanan biasanya digunanakan untuk menentukan arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik. Menurut kaidah tangan kanan, jika arah ibu jari menyatakan arah arus listrik (I) maka arah lipatan jari-jari lainnya menyatakan arah medan magnet.

Untuk menentukan kutub elektromagnetik, jika kawat dililitkan pada sebatang besi mulai di bagian kiri, kawat di bagian depan, searah dengan arah jarum jam (ke kanan), maka pada bagian itu adalah kutub utara, begitu sebaliknya. Jika.kawat melewati belakang ujung magnet (berlawanan arah dengan jarum jam), maka pada kutub yang terbentuk adalah kutub selatan.

Jadi, kita dapat menentukan kutub dari elektromagnet dengan menggunakan kaidah tangan kanan.

 
BACA:  Pengertian, Fungsi dan Gangguan Pada Pankreas

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Cara Menentukan Kutub Elektromagnet
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET