Pengertian Artefak Meliputi Jenis dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Artefak Meliputi Jenis dan Contohnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Artefak
Artefak adalah benda arkeologi atau peninggalan benda-benda bersejarah, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan.

Artefak dalam arkeologi mengandung pengertian benda (atau bahan alam) yang jelas dibuat oleh (tangan) manusia atau jelas menampakkan (observable) adanya jejak-jejak buatan manusia padanya (bukan benda alamiah semata) melalui teknologi pengurangan maupun teknologi penambahan pada benda alam tersebut.

Artefak merupakan peninggalan kebudayaan yang berupa peralatan buatan manusia masa lalu. Artefak bisa terbuat dari kayu, batu, logam, perunggu, tulang hewan, atau yang lainnya.

Jenis Artefak dan Contohnya

BACA:  Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya

Berdasarkan teoritis Artefak dibagi menjadi:
1. Artefak bergerak
adalah benda-benda peninggalan sejarah yang bisa dipindahkan dengan mudah, seperti diangkat menggunakan tangan, diangkut oleh kendaraan, atau cara lainnya. Artefak bergerak biasanya hanya disebut dengan artefak saja.

2. Artefak tidak bergerak
adalah artefak yang tidak bisa dipindahkan. Kalaupun mau dipindahkan, maka harus dengan merusak struktur dan matriksnya. Beberapa benda yang termasuk ke dalam artefak tidak bergerak diantaranya seperti monumen, candi, arca, atau patung dari berbagai periode perkembangan kebudayaan manusia.

 

Berdasarkan waktu pembuatannya,Artefak dibagi menjadi:
1. Artefak dari Masa Paleolitikum
adalah artefak yang dibuat pada zaman Paleolitikum. Kebanyakan merupakan alat-alat yang dapat melindungi manusia pada masa itu, seperti kapak genggam atau kapak perimbas yang ditemukan di Ngandong, Jawa Timur.

BACA:  Latar Belakang dan Isi Perjanjian Reville

2. Artefak dari Masa Mesolithikum
Artefak dari masa mesolithikum kebanyakan berupa benda-benda yang digunakan di tempat tinggal, seperti kapak genggam, penggiling, dan juga tulang.

3. Artefak dari Masa Megalitikum
Artefak yang dibuat di zaman ini kebanyakan berupa menhir, dolmen, keranda, sarkofagus, dan arca.

4. Artefak dari Masa Logam
Masa logam merupakan zaman ketika manusia sudah mulai membuat peralatan berbahan logam. Diperkuat dengan adanya artefak perhiasaan yang terbuat dari emas, besi, dan perunggu.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Artefak Meliputi Jenis dan ContohnyaSemangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET