Kenali Pengertian Novel Meliputi Unsur Intrinsik, Ciri dan Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Kenali Pengertian Novel Meliputi Unsur Intrinsik, Ciri dan Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa. Kisah di dalam novel merupakan hasil karya imajinasi yang membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau berbagai tokoh.

Novel memiliki cerita yang lebih rumit dibandingkan dengan cerita pendek. Tokoh dan tempat yang diceritakan di dalam novel sangat beragam dan membahas waktu yang lama dalam penceritaan.

Penokohan di dalam novel menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku dalam kisah yang diceritakan. Novel terdiri dari bab dan sub-bab tertentu sesuai dengan kisah ceritanya. Penulis novel disebut novelis.

Unsur Intrinsik
Unsur Intrinsik dari novel adalah sebagai berikut:

  1. Tokoh, pelaku dalam cerita.
  2. Alur atau plot, rangkaian peristiwa atau jalinan cerita dari awal sampai akhir disusun berdasarkan hubungan kausalitas.
  3. Latar atau setting, gambaran yang digunakan untuk menempatkan peristiwa di dalam suatu penceritaan fiksi. Menyatakan tempat, waktu, dan suasana.
  4. Amanat, pesan yang ingin disampaikan penulis. Pesan merupakan sesuatu yang dapat memberikan tambahan pengetahuan, pendidikan, bermakna dalam hidup, memberikan penghiburan, kepuasan dan kekayaan batin kita terhadap hidup.
  5. Sudut pandang atau point of view, adalah posisi/kedudukan pengarang dalam membawakan cerita.
BACA:  Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya

Ciri-Ciri
Ciri-ciri dari novel adalah sebagai berikut:

 
    • Menceritakan sebagian kehidupan yang luar biasa.
    • Terjadinya konflik hingga menimbulkan perubahan nasib.
    • Terdapat beberapa alur atau jalan cerita.
    • Terdapat beberapa insiden yang mempengaruhi jalan cerita.
    • Perwatakan atau penokohan dilukiskan secara mendalam.

Janis-Jenis
Janis-Jenis dari novel adalah sebagai berikut:

  • Picaresque novel. Novel yang berbentuk episodik. Berisi kisah petualangan eksentrik dan kisah kepahlawanan luar biasa. Contohnya serial novel petualangan, Terlibat di Trowulan dan Terlibat di Bromo karya Dwianto Setyawan atau serial novel kepahlawanan seperti Gajah Mada karangan Langit Kresna Hariadi.
  • Epistolary novel. Bentuknya seperti surat, jurnal atau buku harian. Gaya penulisannya popular. Novel jenis ini sekarang jumlahnya cukup banyak salah satunya Dealova karya Dyan Nuranindaya.
  • Historical novel. Di Indonesia sering disebut novel sejarah, yakni novel berlatar sejarah. Contohnya Anak Semua Bangsa karangan Pramodya, Roman Revolusi karya Ramadhan K.H., Rahasia Meede karya E.S Ito.
  • Regional novel. Novel yang mengambil latar di suatu daerah tertentu. Contohnya adalah Cintaku di Kampus Biru Karya Ashadi Siregar yang terbit taun 1974 dan telah mengalami cetak ulang ke-10 ini merupakan contoh novel jenis regional. Karena novel tersebut mengambil seting kampus UGM Yogyakarta.
  • Bildongs roman. Secara lughawi, istilah yang berasal dari bahasa Jerman ini berarti novel perkembangan. Jenis novel ini mengambil latar perkembangan anak-anak, termasuk autobiografi fiktif. Novel Great Expectations karya Charles Dickens adalah salah satu contohnya.
  • Roman a these. Secara harfiah, istilah dari bahasa Prancis ini berarti novel argumen. Novel jenis ini di Indonesia dapat ditemui dari karya Parakitri T. Simbolon, Kusni Kasdut.
  • Roman a clef. Secara bahasa, istilah Prancis ini bermakna novel yang memiliki kunci khusus. Novel yang ditulis berdasarkan imajinasi di satu pihak dan dipadukan dengan karakter manusia secara terselubung di pihak lain. Sebagai contoh, novel Point Counter Point karangan Aldous Huxley.
  • Roman-fieuve. Secara harfiah, istilah Prancis ini berarti novel arus. Tema dan cakupan karakter novel ini luas dan panjang, membentuk beberapa serial novel. Contohnya Balada Si Roy karya Gola Gong bisa menjadi contoh dalam novel Indonesia.
  • Non-fiktional novel. Novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan benar-benar pernah terjadi, meskipun tidak sama persis. Contohnya adalah Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
BACA:  Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Kenali Pengertian Novel Meliputi Unsur Intrinsik, Ciri dan Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET