Mengenal Anatomi Hidung Manusia Beserta Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Anatomi Hidung Manusia Beserta Fungsinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hidung Manusia
Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara.

Hidung adalah bagian yang penting yang dimiliki oleh setiap manusia, karena hidung memiliki fungsi sebagai organ pernapasan dan juga sebagai indera penciuman.

Hidung merupakan salah satu bagian dari organ tubuh manusia yang terletak di bagian luar tubuh dan tepat berada di tengah wajah. Hidung terletak pada tulang tengkorak yang tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit.

BACA:  Bagaimana Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia ?

Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau, sekitar 10-20 juta sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.

Anatomi Hidung
Berikut ini adalah bagian-bagian hidung:
1. Lubang Hidung
Lubang hidung yang terdapat pada manusia ada 2 buah lubang dan keduanya berfungsi sebagai pelindung hidung dari ancaman yang datang dari luar.

 

2. Septum
Septum merupakan pemisah yang ada di antara kedua lubang hidung.

3. Bulu Hidung
Bulu hidung merupakan bagian yang terdiri dari rambut-rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk.

BACA:  Perbedaan Kotoran dan Noda

4. Rongga Hidung
Rongga hidung terletak pada bagian belakang cuping hidung dan berperan sebagai saluran pembersih utama bagi udara yang masuk menuju paru-paru.

5. Sinus Hidung
Sinus adalah bagian yang berbentuk rongga dan terletak di sekitar hidung.

 

6. Saraf Hidung
Saraf hidung juga disebut sebagai olfaktori merupakan salah satu bagian dari saraf kranial yang berhubungan langsung dengan otak.

7. Tulang Rawan Hidung
Tulang rawan hidung merupakan bagian yang elastis dan kuat yang juga membentuk bagian ujung hidung serta menyusun bentuk hidung.

8. Saluran Hidung (Nasofaring)
Di dalam nasofaring terdapat tuba eustachius (saluran penghubung telinga dan tenggorokan) dan tonsil adenoid. Kemudian nasofaring berfungsi sebagai pengatur tekanan udara serta pelindung dari infeksi.

BACA:  Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya

Fungsi Hidung Manusia
Berikut ini adalah beberapa funsi hidung yang diperlukan oleh tubuh, yaitu:
1. Sebagai indera penciuman
2. Sebagai alat respirasi atau pernapasan
3. Koneksi dengan rasa
4. Sebagai penyaring udara
5. Terhubung dengan memori

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Anatomi Hidung Manusia Beserta Fungsinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET