Proses Penyebaran Peninggalan Zaman Proto Sejarah di Wilayah Indonesia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :

Proses Penyebaran Peninggalan Zaman Proto Sejarah di Wilayah Indonesia

 

Disimak baik-baik ya…

Pengertian Zaman Proto Sejarah
Zaman proto sejarah adalah zama peralihan dari zaman pra sejarah ke zaman sejarah. Pada zaman proto sejarah masyarakat belum mengembangkan teknik menulis tetapi bukti keberadaan mereka dapat ditemukan dari sumber tertulis pada bangsa lain.

Di Indonesia, periode protosejarah dimulai pada masa awal tahun masehi, di mana terdapat sumber-sumber tertulis dari China. Zaman protosejarah di Indonesia diyakini berlangsung pada awal Masehi sampai sekitar abad ke-4, yang merupakan masa awal Nusantara menapaki zaman sejarah.

Baca Juga : Identifikasi Peninggalan Sejarah Zaman Proto Sejarah

Proses Penyebaran Peninggalan Zaman Proto Sejarah

 
BACA:  Pengertian dan Cara Mengatasi Limbah

Penyebaran berupa benda dan karya seni dapat tersebar di wilayah Indonesia karena cara hidup manusia yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dapat kita lihat pada masa Paleolitikum.

Masa ini manusia sudah dapat membuat alat kasar untuk berburu seperti kapak genggam yang di temukan di Pacitan, ternyata ditemukan juga di daerah Ponorogo, Sukabumi, dan Lahat (Sumatera Utara).

Selain kapak genggam, ada juga penemuan lukisan yang di gambar di dinding gua. Lukisan tersebut dapat ditemukan di seluruh daerah Indonesia terutama di wilayah Indonesia timur.

Setiap lukisan memiliki kesamaan satu dengan lainnya. Maka dapat dikatakan manusia pada masa itu tidak hidup di satu tempat, namun terus berpindah dan selalu membuat peninggalan.

 
BACA:  Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya

Dengan demikian, adanya tempat tinggal yang berpindah-pindah membuat peninggalan berupa benda dan karya seni dapat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Manfaat Peninggalan Zaman Proto Sejarah Bagi Kehidupan Sekarang

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang :

Proses Penyebaran Peninggalan Zaman Proto Sejarah di Wilayah Indonesia

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali,
silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET