Pengertian Hutan Meliputi Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Hutan Meliputi Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hutan
Hutan adalah ekosistem terestrial yang sebagian besar ditumbuhi oleh pepohonan, mendominasi hampir seluruh permukaan daratan di bumi. Hutan juga bisa didefinisikan sebagai wilayah pepohonan dengan jarak yang rapat, pada sejumlah lahan yang memiliki fungsi ekologis serta dilindungi oleh hukum.

Perbedaan wilayah ekosistem di seluruh kawasan hutan juga mempengaruhi kondisi ekosistem hutan. Sehingga, hampir setengah wilayah hutan saja yang memiliki kawasan yang utuh, sisanya terdapat beberapa wilayah dengan fragmen rendah maupun tidak memiliki konektivitas.

Jenis Hutan

Berdasarkan Iklim, jenis hutan terbagi menjadi:
1. Hutan Gambut
Hutan gambut merupakan salah satu hutan tropis yang kebanyakan memiliki tumbuhan dengan jenis berdaun lebar. Hutan gambut biasanya berada di sekitar perairan yang mana juga dikelilingi oleh hutan hujan dan hutan bakau di air payau.

BACA:  Pengertian Buku Fiksi Meliputi Jenis dan Fungsinya

2. Hutan Hujan Tropis
Kebanyakan hutan hujan tropis memiliki iklim yang basah hingga sangat basah. Kawasan hutan hujan tropis banyak ditemukan di daerah Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Maluku Utara, dan juga Papua.

 

3. Hutan Muson
Hutan muson merupakan hutan dengan iklim agak kering. Jenis hutan muson ini banyak kita temukan di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, daerah tenggara Maluku, NTB, sebagian daerah di NTT, dan juga Irian Jaya.

Berdasarkan Sifat Tanah, jenis hutan terbagi menjadi:
1. Hutan Mangrove
Setidaknya ada sekitar 776.000 ha hutan mangrove yang tersebar di seluruh pesisir pantai utara pulau Jawa, daerah pantai timur Sumatera, Kalimantan, dan sisi selatan pantai di Papua. Kebanyakan hutan mangrove memiliki jenis pepohonan dari Sonneratia, Avicennia, dan Rhizophora.

BACA:  Mengetahui Pengertian dan Proses Hinduisasi di Nusantara

2. Hutan Pantai
Hutan pantai merupakan ekosistem pepohonan yang biasa muncul di sekitar area pantai yang tidak berpasir, dan tidak landai.

3. Hutan Rawa
Hutan rawa adalah hutan yang banyak ditemukan disekitar perairan sekitar hutan rawa, paling mudah menemukan beberapa jenis pohon rawa misalnya seperti kempas (Koompassia spp), nyatoh (Palawuium leiocarpum), dan ramin (Gonystylus spp).

 

Berdasarkan Susunan Jenis, jenis hutan terbagi menjadi:
1. Hutan Homogen
Hutan homogen juga disebut sebagai hutan sejenis yang mana kebanyakan pepohonan di dalamnya memiliki jenis yang serupa. Jenis yang dimaksud disini bukan pohon yang sama atau dari genus yang sama, melainkan cara berkembangnya.

2. Hutan Heterogen
Hutan campuran atau heterogen merupakan ekosistem hutan yang memiliki jenis-jenis pohon dan tumbuhan yang jauh lebih beragam. Hutan heterogen ini memiliki berbagai macam genus pepohonan yang membentuk sebuah kelompok pepohonan.

BACA:  Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami

Manfaat hutan
Hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, antara lain:
1. Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas
2. Membersihkan Udara
3. Melawan Banjir dan Tanah Longsor
4. Menyimpan Air Tanah
5. Menghasilkan Makanan untuk Semua Makhluk Hidup
6. Memenuhi Kebutuhan Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Hutan Meliputi Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET