Bagaimana Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia ?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Bagaimana Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia ?

disimak baik-baik ya…

Sistem reproduksi pada manusia, baik pria maupun wanita, memiliki struktur organ internal dan ekternalnya masing-masing.

Sistem Reproduksi Pria

Sistem reproduksi laki-laki adalah serangkaian organ yang terletak di luar tubuh dan di sekitar panggul seorang laki-laki yang berkontribusi terhadap proses reproduksi. Fungsi utama langsung dari sistem reproduksi laki-laki adalah untuk menghasilkan sperma untuk fertilisasi ovum.

 

Struktur Reproduksi Pria
Struktur organ reproduksi eksternal pada pria meliputi:
1. Penis
Penis adalah organ vital pria yang digunakan untuk berhubungan seksual. Saat mencapai klimaks, sperma akan keluar melalui saluran di dalam penis.
2. Skrotum
Skrotum adalah kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis. Kantung kecil dan berotot ini melindungi testis, beserta saraf dan pembuluh darah.
3. Testis
Testis adalah organ paling penting dari sistem reproduksi laki-laki yang yang terletak di dalam skrotum. Testis merupakan kelenjar tempat sperma dan testosteron diproduksi.

BACA:  Apakah yang Terjadi Bila Salah Satu Organisme Tidak Tersedia di Alam?

Sistem Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi wanita adalah serangkaian organ yang terletak di dalam tubuh dan di sekitar panggul perempuan, yang bertugas terhadap proses reproduksi. Sistem reproduksi wanita terdiri dari tiga bagian utama: vulva, yang mengarah ke vagina, lubang vagina, rahim; rahim, yang menahan janin yang sedang berkembang; dan ovarium.

Payudara terlibat dalam tahap reproduksi pengasuhan, tetapi dalam sebagian besar klasifikasi payudara tidak dianggap sebagai bagian dari sistem reproduksi wanita.

 

Struktur Reproduksi Wanita
Organ yang termasuk ke dalam sistem reproduksi wanita meliputi:
1. Tuba Falopi
Organ ini berbentuk menyerupai tabung kecil yang menempel di bagian atas rahim. Tuba falopi berfungsi sebagai jalur sel telur untuk bergerak dari ovarium ke rahim.
2. Ovarium
Ovarium adalah kelenjar berbentuk oval dan berukuran kecil yang terletak di kedua sisi rahim. Ovarium menghasilkan sel telur dan hormon estrogen serta progesteron.
3. Vagina dan serviks
Vagina adalah jalur yang menghubungkan serviks (mulut rahim) ke bagian luar tubuh. Vagina dikenal juga sebagai jalan lahir. Saat berhubungan seksual, sperma akan disalurkan ke dalam organ ini melalui penis.
4. Uterus (rahim)
Rahim adalah organ berongga berbentuk menyerupai buah pir yang merupakan tempat bagi janin untuk berkembang semasa kehamilan.

Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia

BACA:  Ketahui Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Awal proses reproduksi manusia terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur atau di sebut juga fertilisasi internal dengan hubungan seksual , proses ini dapat berlangsung berkat adanya organ-organ reproduksi.

Dalam proses ini, laki-laki memasukkan penis ke dalam vagina dan berejakulasi yakni keluarnya air mani biasanya mengandung sperma dari saluran reproduksi pria sebagai akibat dari orgasme.

Ejakulasi adalah tahap akhir dan tujuan alami dari rangsangan seksual pria, dan komponen penting dari konsepsi alami. Sebagian kecil dari sperma melewati leher rahim ke dalam rahim, kemudian ke saluran telur untuk pembuahan ovum.

Hanya satu sperma yang dibutuhkan untuk membuahi ovum. Setelah berhasil pembuahan, ovum dibuahi atau zigot, berjalan keluar dari tuba falopi ke rahim, di mana ia berimplan di dinding rahim.

BACA:  Persentase Kemungkinan Lahir Anak Laki-laki Buta Warna Albino dari Pernikahan Wanita Normal dan Albino dengan Laki-laki Buta warna dan Karier Albino

Ini merupakan tanda-tanda awal kehamilan, yang berlangsung selama sekitar sembilan bulan bagi janin untuk berkembang.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Bagaimana Proses Terjadinya Reproduksi Pada Manusia ?

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : alodokter.com ; wikipedia.org

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET