Mengenal Logam Alkali Tanah dan Unsur-unsur Golongannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Logam Alkali Tanah dan Unsur-unsur Golongannya
disimak baik-baik ya…

 

Logam alkali tanah adalah unsur kimia golongan 2 atau IIA dari tabel periodik. Golongan ini juga dikenal sebagai golongan berilium. Golongan ini terdiri dari unsur berilium (Be), magnesium (Mg), kalsium (Ca), stronsium (Sr), barium (Ba), dan unsur radioaktif radium (Ra).

Secara struktural, mereka memiliki kesamaan yaitu kelopak elektron s terisi penuh;artinya, orbital ini lengkap berisi dua elektron, sehingga unsur-unsur ini mudah kehilangan kedua elektron terluarnya untuk membentuk kation dengan muatan +2, dan tingkat oksidasi (bilangan oksidasi) +2.

Unsur-unsurnya memiliki sifat yang sangat mirip: mereka semua adalah logam berkilau, putih keperakan, agak reaktif pada suhu dan tekanan standar. Semua logam alkali tanah yang ditemukan terdapat di alam,

BACA:  Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Hewan Amfibi di Lingkungan Sekitar

Logam alkali tanah dinamai sesuai dengan oksidanya, tanah alkali, yang nama kunonya adalah berilia, magnesia, kapur, stronsia, dan barita. Oksida ini bersifat basa (alkalis) bila bereaksi dengan air. “Tanah” adalah istilah lama yang diterapkan oleh kimiawan awal terhadap zat non-metalik yang tidak larut dalam air dan tahan terhadap pemanasan—sifat yang dimiliki oleh oksida ini. Kenyataan bahwa tanah ini bukan unsur tapi senyawa diungkap oleh kimiawan Antoine Lavoisier.

Dalam karyanya Traité Élémentaire de Chimie (Unsur Kimia) pada tahun 1789 dia menyebutnya unsur tanah pembentuk garam. Kemudian, ia menyarankan agar alkali tanah bisa berupa oksida logam, namun ia mengakui bahwa ini hanyalah dugaan belaka.

 
BACA:  Pengertian Keanekaragaman Hayati dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Pada tahun 1808 Humphry Davy, yang bertindak berdasarkan gagasan Lavoisier, menjadi orang pertama yang memperoleh sampel logam melalui elektrolisis lelehan tanahnya, sehingga mendukung hipotesis Lavoisier dan menyebabkan golongan tersebut diberi nama sebagai logam alkali tanah.

Senyawa kalsium kalsit dan kapur telah dikenal dan digunakan sejak zaman prasejarah. Hal yang sama berlaku untuk senyawa berilium beril dan zamrud Senyawa logam alkali tanah lainnya ditemukan mulai awal abad ke-15.

Senyawa magnesium sulfat pertama kali ditemukan pada tahun 1618 oleh seorang petani di Epsom, Inggris.

Stronsium karbonat ditemukan pada mineral di desa Strontian, Skotlandia pada tahun 1790. Unsur terakhir adalah yang paling tidak melimpah: radioaktif radium, yang diekstraksi dari uraninit pada tahun 1898

 
BACA:  Ketahui Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Logam Alkali Tanah dan Unsur-unsur Golongannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET