Arti Penting Penemuan Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Arti Penting Penemuan Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia

disimak baik-baik ya…

Sejarah Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai Martadipura adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua berupa prasasti Yupa dan berdiri sekitar abad ke-4, bersamaan dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa. Pusat kerajaan ini terletak di Muara Kaman, yang saat ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Informasi nama Martadipura diperoleh dari kitab Salasilah Raja dalam Negeri Kutai Kertanegara yang menceritakan pasukan Kerajaan Kutai Kertanegara dari Kutai Lama menyerang ibu kota kerajaan ini.

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai Martapura

Berdasarkan Prasasti Yupa, dapat diketahui bahwa Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Mulawarman.

BACA:  Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya

Mulawarman disebut-sebut sebagai raja yang memiliki budi pekerti baik, kuat, dan pernah mengadakan upacara persembahan 20.000 ekor lembu untuk kaum Brahmana yang bertempat di “Waprakecvara”. Waprakecvara adalah tempat suci (keramat) yang merupakan sinkretisme antara kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Indonesia.

Arti Penting Penemuan Prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia

Istilah Yupa digunakan untuk prasasti yang dipahatkan pada tugu atau tiang batu. Penemuan ketujuh prasasti tersebut diawali oleh penemuan empat prasasti pada tahun 1879 di bukit Beubus, Muara Kaman, pedalaman sungai Mahakam di kabupaten Kutai, Kalimantan timur.

 

Ketujuh Yupa tersebut ditulis dengan aksara Pallawa Awal dalam bahasa Sansekerta. Prasasti tersebut kemungkinan didirikan oleh kaum Brahmana untuk memperingati jasa-jasa dan perbuatan mulia Mulawarman, raja kerajaan Kutai. Ketujuh prasasti ini merupakan bukti tertulis tertua dalam sejarah kebudayaan Indonesia. Ketujuh prasasti batu tsb adalah tonggak awal mulainya masa sejarah di Indonesia artinya Indonesia telah mengenal tulisan.

BACA:  Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsi dari Kalimat Penjelas

Sehingga Arti Penting Penemuan Prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia adalah Menandai Berakhirnya Masa Praaksara.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :

Arti Penting Penemuan Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia

 

Semoga Membantu ^-^

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET