Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Hindu Budha yang Ada di Nusantara

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Hindu Budha yang Ada di Nusantara
disimak baik-baik ya…

 

Setiap peninggalan sejarah yang ada di Indonesia juga dipengaruhi oleh corak-corak agama tertentu seperti agama Buddha. Saat ini masih ada bukti peninggalan kerajaan Buddha yang tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, saat ini ada juga bukti-bukti sejarah yang saat ini masih berdiri megah maupun yang disimpan di museum sebagai media pembelajaran untuk generasi berikutnya.

Berikut adalah Daftar Candi Peninggalan Kerajaan Budha di Indonesia:

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur adalah tempat ibadah umat Budhha di Indonesia dan dunia yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selain itu, UNESCO juga sudah memasukkan Candi Borobudur sebagai salah satu warisan budaya dunia.

BACA:  Mengenal Benua Eropa Meliputi Letak Geografis dan Astronomisnya

2. Candi Kalasan
Dimana Candi Kalasan terletak di Kabupaten Sleman dan sampai saat ini masih terus berdiri dengan begitu kokok.

3. Candi Mendut
Candi Mendut sendiri berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Lalu, Candi Mendut diperkirakan didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

 

4. Candi Pawon
Keberadaan Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Selain itu, keberadaan dari Candi Pawon dengan kedua Candi tersebut juga memiliki keterkaitan yang begitu erat.

5. Candi Brahu
Candi Brahu terletak di Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

6. Candi Banyunibo
Candi Banyunibo berlokasi di Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Selain itu, keberadaan dari Candi Banyunibo juga tak jauh dari situs Ratu Boko.

BACA:  Fungsi Termometer Gas Volume Tetap

7. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan Tiga Belas Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau merupakan candi dengan corak Budha.

 

8. Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi yang berlokasi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi atau yang lebih mudahnya berada di tepian Sungai Batanghari .

9. Candi Bahal
Candi Bahal terletak di Desa Bahal, Padang Bolak, Sibatu Loting, Kec. Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

10. Candi Jabung
Candi Jabung yang terletak di Dusun Candi, Jabung Candi, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur adalah salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

BACA:  Mengetahui Bentuk, Ukuran, dan dan Struktur Lapisan Bumi

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Hindu Budha yang Ada di Nusantara
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET