Mengetahui Perbedaan Autosom dan Gonosom

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :

 

Mengetahui Perbedaan Autosom dan Gonosom

Disimak baik-baik ya…

Pengertian Autosom
Autosom adalah kromosom yang mengendalikan sifat-sifat tubuh, seperti warna mata, warna kulit, tinggi badan, dan lain-lainnya. Jumlah autosom pada sebagian besar organisme sejenis adalah sama.

Autosom adalah kromosom tubuh dan tidak menentukan jenis kelamin. Autosom terdapat pada individu jantan dan betina dengan jumlah yang sama dan berpasangan (diploid).

Autosom adalah kromosom yang terdapat pada sel-sel tubuh (somatis) sehingga disebut juga kromosom tubuh, disingkat dengan huruf A.

 

Autosom ini mempunyai bentuk pasangan antara jantan dan betina, dan memiliki jumlah n – 1 atau 2n – 2 dengan sifatnya diploid. Autosom biasanya disimbolkan dengan A.

BACA:  Pengertian, Jenis dan Contoh Majas Sindiran

Pengertian Gonosom
Gonosom adalah kromosom yang terdapat pada sel kelamin (gamet) sehingga disebut juga kromosom kelamin atau kromosom seks. Kromosom kelamin itulah yang membedakan organisme menjadi jantan atau laki-laki dan betina atau perempuan.

Gonosom adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin, contohnya kromosom X dan Y.

Gonosom ini mempunyai bentuk pasangan tidak sama antara jantan dan betina , berupa kromosom sex X yang panjang ( haploid) dan kromosom sex Y (haploid) yang lebih pendek, jumlahnya hanya sepasang .

 

Perbedaan Autosom dengan Gonosom

Autosom adalah kromosom yang berfungsi mengatur dan mengendalikan sifat-sifat tubuh makhluk hidup. Autosom terdapat pada individu jantan dan betina dengan jumlah yang sama dan berpasangan (diploid), sedangkan

BACA:  Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Meliputi Strukturnya

Gonosom adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin, gonosom memiliki susunan pasangan yang berbeda pada individu jantan dan betina.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang :

Mengetahui Perbedaan Autosom dan Gonosom

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET