Teori Gravitasi dan Hukum Gravitasi Universal Newton

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Teori Gravitasi dan Hukum Gravitasi Universal Newton
disimak baik-baik ya…

Pengertian

Gravitasi adalah fenomena alam di mana semua hal yang memiliki massa atau energi di alam semesta—termasuk planet, bintang, galaksi, dan bahkan cahaya saling tarik-menarik satu sama lain.

 

Penelitian modern dalam teori gravitasi dimulai dengan kerja Galileo Galilei di akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17. Dengan hasil percobaannya menjatuhkan bola dari Menara Pisa, dan nantinya juga pengukuran bola yang meluncur melalui kemiringan, Galileo menunjukkan bahwa besarnya percepatan gravitasi adalah sama untuk semua objek.

Hal ini menjadi kemajuan besar dari kepercayaan Aristoteles sebelumnya yang menyatakan bahwa objek yang lebih berat memiliki percepatan gravitasi yang lebih besar. Galileo membuat postulat hambatan udara sebagai alasan objek dengan massa kecil memungkinkan untuk jatuh lebih pelan di atmosfer. Hasil kerja Galileo menjadi dasar bagi formulasi teori gravitasi Newton.

BACA:  Pengertian, Penyebab dan Dampak Hujan Asam Bagi Kehidupan

Albert Einstein dalam Fisika modern paling akurat mendeskripsikan gravitasi dengan menggunakan teori relativitas umum pada 1915. Gravitasi dijabarkan bukan sebagai sebuah gaya, namun sebagai konsekuensi dari massa yang bergerak “lurus” dalam sebuah kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan oleh distribusi massa yang tidak merata.

Hukum Gravitasi Universal Newton
Pada buku Newton yang berjudul Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica atau dalam bahasa latin berarti prinsip matematika dalam filsafat alam, Newton menjelaskan bahwa setiap partikel di alam saling tarik menarik dengan partikel lain yang besarnya sebanding dengan perkalian massa kedua partikel, dan berbanding terbalik terhadap kuadrat jarak kedua partikel.

Pernyataan tersebut saat ini terkenal sebagai Hukum Gravitasi Newton.

 
BACA:  Pengertian Protista dan Sejarah Klasifikasi Protista

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:

Setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.


Dimana,

F = gaya gravitasi (N)
G = konstanta gravitasi = 6.673 x 10-11Nm2/kg2
m1 = massa benda pertama (kg)
m2 = massa benda kedua (kg)
r = jarak antara pusat kedua benda (m)

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Teori Gravitasi dan Hukum Gravitasi Universal Newton
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET