Pengertian Reboisasi Meliputi Jenis dan Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Reboisasi Meliputi Jenis dan Manfaatnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Reboisasi
Reboisasi sebagai proses penanaman kembali pohon di daerah yang terkena gangguan alam seperti kebakaran hutan, kekeringan dan serangan hama atau yang tidak alami seperti penebangan, pertambangan, pembukaan lahan pertanian serta pembangunan.

Jenis–Jenis Reboisasi
Reboisasi dapat terjadi secara alami dan reboisasi yang dikelola oleh manusia. Berikut ini jenis–jenis reboisasi:

1. Reboisasi alami
Dalam reboisasi alam, suatu area dibiarkan tidak terganggu oleh aktivitas manusia. Bibit di tanah atau dibawa ke daerah itu oleh angina dan aliran air berkecambah dan tumbuh.

BACA:  Ketahui: Pengertian dan Sejarah Gaya elektromagnetik

2. Reboisasi terkelola
Reboisasi yang dikelola dapat menimbulkan perdebatan mengenai apakah hutan yang dibangun kembali mempunyai keanekaragaman hayati sebanyak hutan aslinya atau hutan yang telah dibangun kembali secara alami.

Manfaat Reboisasi
Reboisasi membantu lingkungan dengan menjamin atau mempercepat pembentukan kembali struktur hutan yang sehat dengan menumbuhkan kembali kanopi hutan dan melestarikan keanekaragaman hayati dalam ekosistem. Reboisasi dapat memberikan tidak hanya satu namun dua solusi dari krisis di bumi ini. Reboisasi menawarkan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer, mengubahnya menjadi karbon padat melalui fotosintesis dan menyimpannya di batang pohon, cabang, akar dan tanah.

 

Reboisasi juga dapat mencegah hilangnya habitat yang terancam punah dan memberikan perlindungan terhadap lebih dari 1 juta spesies tumbuhan dan hewan.

BACA:  Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami

Reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat alam dan ekosistem, dan mencegah pemanasan global dengan menyerap karbon dioksida dari udara.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Reboisasi Meliputi Jenis dan Manfaatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET