Mengapa Penurunan Tekanan Darah Bisa Menyebabkan Gagal Jantung?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Mengapa Penurunan Tekanan Darah Bisa Menyebabkan Gagal Jantung? , Disimak baik-baik ya…

 

Apa itu Jantung ?
Jantung adalah organ yang sangat penting dalam sistem peredaran darah. Berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Terletak di rongga dada sebelah kiri, di atas diafragma. Mempunyai 4 ruang terbagi sempurna dan terbungkus oleh perikardia.

Jantung dibentuk oleh 3 jenis otot jantung (miokardia) yaitu otot serambi, otot bilik, serta otot perangsang dan penghantar khusus. Otot-otot jantung bekerja (berkontraksi) dengan sendirinya tanpa kehendak kita.

Siklus jantung dibedakan menjadi sistole dan diastole. Periode dari satu akhir kontraksi hingga akhir kontraksi berikutnya disebut siklus jantung. Pada manusia normal jantung biasanya berkontraksi 72x/menit dan memompa darah 60cm³.

BACA:  Tokoh dan Hasil Perundingan Perjanjian Linggarjati

Sistol terjadi saat jantung kontraksi, bilik menguncup, darah keluar jantung.

Diastole terjadi saat jantung relaksasi. Menyebabkan bilik mengembang, darah mengalir dari serambi ke bilik. Bunyi jantung terjadi karena membuka dan menutupnya katup jantung.

 

Baca Juga : Mengetahui Proses Tekanan Sistol Pada Jantung

Pengertian Tekanan Darah
Menurut Palmer (2007) Tekanan darah adalah gaya atau dorongan darah ke dinding arteri saat darah dipompa keluar dari jantung keseluruh tubuh sedangkan menurut Sheps ( 2005 ) tekanan darah adalah tenaga yang terdapat pada dinding arteri saat darah dialirkan.

Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Tekanan darah semua orang berbeda-beda setiap harinya .

BACA:  Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika

Pengertian Gagal Jantung
Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung tidak mampu memompa darah dan oksigen secara efektif ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan. Akibatnya, banyak fungsi organ tubuh akan terganggu.

 

Gagal jantung adalah kondisi yang terjadi akibat adanya suatu penyakit kronis yang membuat jantung kaku, lemah, bekerja terlalu keras dalam jangka panjang, atau mengalami kerusakan struktural, misalnya pada otot atau katup jantung. Penyakit yang menyebabkan gagal jantung ini bisa berasal dari jantung maupun organ lain.

Mengapa Penurunan Tekanan Darah Bisa Menyebabkan Gagal Jantung?
Penurunan tekanan darah menjadi salah satu penyebab gagal jantung karena apabila tekanan darah menurun akan mengakibatkan darah yang mengalir ke jantung terbatas sehingga kontraksi jantung menjadi menurun dan dalam kondisi yang lebih serius kontraksi jantung yang melemah secara terus-menerus akan mengakibatkan gagal jantung.

BACA:  Tanaman Kapri Berbunga Merah Disilangkan Dengan Kapri Berbunga Putih, F1 100% Berupa Kapri Berbunga Merah. Hal Ini Menunjukan Bahwa?

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang  : Mengapa Penurunan Tekanan Darah bisa Menyebabkan Gagal Jantung? 

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

<strong>Semangat Belajar, Good Luck.</strong>

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET