Sejarah Perjanjian Versailles dan Uraian Singkat Isi Perjanjian Versailles

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Sejarah Perjanjian Versailles dan Uraian Singkat Isi Perjanjian Versailles
disimak baik-baik ya…

 

Sejarah Perjanjian Versailles
Perjanjian Versailles pada tahun 1919 adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest, yang mengakhiri perseteruan sesungguhnya.

Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

BACA:  Mengenal Biografi Ilmuan: Albert Einstein

Di Jerman, perjanjian ini menimbulkan keterkejutan dan rasa malu yang berperan terhadap runtuhnya Republik Weimar pada 1933, terutama karena banyak orang Jerman tidak percaya bahwa mereka harus menerima tanggung jawab penuh sebagai pemicu perang. “Empat Besar” (Big Four) yang melakukan negosiasi perjanjian ini adalah Perdana Menteri David Lloyd George dari Britania Raya, Perdana Menteri Georges Clemenceau dari Prancis, Vittorio Orlando dari Italia, dan Presiden Woodrow Wilson dari Amerika Serikat.

Jerman tidak diundang ke Prancis untuk mendiskusikan perjanjian. Di Versailles saat itu, sulit untuk mencapai kesepakatan bersama karena tujuan mereka saling konflik satu sama lain. Hasil perundingan disebut-sebut sebagai suatu kompromi yang tidak disukai oleh pihak manapun.

BACA:  Ciri-Ciri Tumbuhan Xerofit yang Hidup di Daerah Kering

Uraian Singkat Isi Perjanjian Versailles

 
  • Jerman harus menarik mundur pasukannya dari Prancis, Belgia, Luksemburg, dan Prusia Timur.
  • Jerman harus menyerahkan sebagian wilayahnya, seperti Rheinland, Sudentenland, sebagian Prusia Timur, serta menyerahkan koloninya di Afrika dan pasifik.
  • Jerman harus menyerahkan kembali Provinsi Alsace dan Loraine yang diperoleh ketika Perang Prusia-Prancis pada tahun 1871.
  • Jerman harus menyerahkan 5.000 artileri, 25.000 senapan mesin, 5.000 lokomotif, 5.000 truck, 15.000 gerbong, 1.700 pesawat tempur (bomber), serta semua kapal selam dan semua kapal perang Jerman. harus dikirim ke Scapia Flow untuk dibagi-bagikan oleh Sekutu.
  • Jerman harus memberikan ganti rugi sebesar 5 miliar dolar AS dalam bentuk emas atau yang setara mulai bulan Mei 1921.
  • Jerman tidak boleh memiliki tank, pesawat tempur bomber, dan kapal perang.
  • Industri perang Jerman akan diawasi secara ketat.
  • Jerman hanya diperbolehkan memiliki 100.000 tentara
BACA:  Latar Belakang dan Isi Perjanjian Konfrensi Meja Bundar

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Sejarah Perjanjian Versailles dan Uraian Singkat Isi Perjanjian Versailles
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET