Apa itu Lensa Cembung? dan Bagaimana Jenis serta Sifatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Apa itu Lensa Cembung? dan Bagaimana Jenis serta Sifatnya
disimak baik-baik ya…

Pengertian dan Jenis Lensa Cembung

Lensa cembung merupakan lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian tepinya atau menggembung. Pada umumnya, lensa cembung berbentuk lingkaran dan terbuat dari kaca atau plastik sehingga memiliki indeks bias yang lebih besar dibandingkan dengan indeks bias udara.

 

Berdasarkan bentuknya, lensa cembung dibedakan menjadi tiga jenis, yakni bikonveks atau cembung ganda, plankonveks atau cembung datar, dan konkaf-konveks atau cembung cekung.

Sifat Lensa Cembung
lensa cembung memiliki beberapa sifat sebagai berikut.

  • Pada lensa cembung, sinar bisa datang dari dua arah sehingga sehingga lensa cembung memiliki 2 titik fokus. Lensa cembung bagian depan adalah tempat datangnya sinar dan lensa cembung bagian belakang adalah tempat sinar dibiaskan.
  • Bila 3 sinar datang sejajar dan diarahkan ke lensa cembung, maka berkas sinar tersebut akan dibiaskan oleh lensa dan berpotongan atau menuju sebuah titik. Titik fokus yang berada pada bagian depan lensa cembung disebut dengan titik fokus maya atau fokus pasif (F2) dan titik fokus pada bagian belakang lensa cembung disebut dengan titik fokus sejati atau fokus aktif (F1).
  • Lensa cembung bersifat konvergen (mengumpulkan). Karena sinar yang datang melewati lensa cembung selalu dibiaskan menuju ke satu titik atau mengumpulkan cahaya maka lensa cembung disebut dengan lensa konvergen (mengumpulkan).
  • Jarak fokus lensa cembung selalu positif karena tempat berpotongan atau tujuan sinar bias selalu terletak di bagian belakang lensa cembung sehingga fokus lensa cembung adalah fokus sejati.
  • Besar pembiasan cahaya pada lensa cembung dipengaruhi oleh indeks bias bahan lensa dan lengkung permukaan lensa. Sedangkan indeks bias sendiri tergantung pada cepat rambat cahaya dalam lensa teersebut.
  • Lensa cembung yang tebal akan menghasilkan bias cahaya lebih besar dari pada lensa cembung yang tipis. Selain itu, lensa cembung yang tebal juga akan menghasilkan panjang fokus lensa yang lebih pendek daripada lensa cembung yang tipis.
BACA:  Mengenal Apa Itu Gelombang Dalam Ilmu Fisika dan Klasifikasinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Apa itu Lensa Cembung? dan Bagaimana Jenis serta Sifatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET