Ketahui Pengertian Omnivor dan Rantai Makanan dan Ciri Khasnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Ketahui Pengertian Omnivor dan Rantai Makanan dan Ciri Khasnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Omnivor berasal dari bahasa Latin: omne = semua/semuanya; vorare = melahap adalah spesies yang memakan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan pokoknya atau pemakan segala, atau sarwaboga. Babi adalah contoh omnivor yang dikenal secara luas. Burung gagak adalah contoh lain dari omnivor yang dilihat orang setiap hari. Manusia juga merupakan makhluk omnivor.

Omnivora merupakan pemakan segalanya, hewan omnobor juga dapat memakan tumbuhan dan juga daging. Sedangkan yang masuk kedalam kategori omnivor adalah beruang, orangutan, kera, siamang, dan juga manusia. Pada umumnya hewan omnivor biasanya mendominasi ekosistem terkecuali jika ekosistem sedang terganggu. Manusia adalah organisme omnivor yang bisa beradaptasi dalam segala jenis kondisi lingkungan, dan utamanya karena akal pikirannya. Karena itulah manusia mendominasi bumi.

BACA:  Pengertian Inflasi, Penyebab dan Penggolongannya

Ciri Khas

Berikut adalah ciri-ciri hewan Omnivor:

  • Memakan tumbuh tumbuhan dan daging.
  • Mempunyai pencernaan yang kompleks
  • Mempunyai gigi yang tajam pada bagian depannya
  • Mempunyai gigi datar pada bagian belakang
  • Sebagian besar bukan merupakan hewan mamalia dan sebagian yang lain adalah mamalia
  • Sebagian besar berkembang biak secara bertelur dan sebagiannya beranak.

Omnivor dapat memakan segala jenis makanan. Jenis makanan utamanya adalah hewan dan tumbuhan. Omnivor dapat memakan protein nabati dan protein hewani. Hewan omnivor dapat dibedakan berdasarkan tingkat pertumbuhannya dibandingkan dengan hewan karnivor. Pada spesies hewan yang sejenis, pertumbuhan hewan omnivor lebih kecil dibandingkan dengan pertumbuhan hewan karnivor.

 

Pembeda lain antara omnivor, herbivor dan karnivor ada pada giginya. Omnivor memiliki tiga jenis gigi, yaitu gigi taring, gigi seri dan gigi geraham belakang. Sedangkan karnivor memiliki gigi taring saja dan herrbivor hanya memiliki gigi geraham.

BACA:  Mengenal Penyebab Kaki Gajah pada Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Ketahui Pengertian Omnivor dan Rantai Makanan dan Ciri Khasnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET