Pengolahan Minyak Bumi dan Dampak Negatifnya Bagi Lingkungan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengolahan Minyak Bumi dan Dampak Negatifnya Bagi Lingkungan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Minyak bumi atau minyak mentah atau petroleum, sering dijuluki sebagai “emas hitam”, adalah cairan kental berwarna coklat pekat/gelap atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Minyak bumi adalah dekomposisi atau hasil dari peruraian materi tumbuhan dan hewan di suatu daerah yang subsidence atau menurun secara perlahan. Daerah tersebut biasanya berupa laut,batas lagoon (danau) sepanjang pantai ataupun danau dan rawa di daratan.

Pengolahan
Terdapat beberapa jenis olahan minyak bumi mulai dari jenis kegunaannya, cara menemukan, proses pengolahan minyak hingga negara yang menjadi produsen olahan minyak bumi terbanyak. Berikut penjelasannya:

1. Gas Minyak Cair
Nama olahan minyak bumi yang satu ini mungkin lebih dikenal sebagai LPG atau “Elpiji”. LPG sendiri sebenarnya adalah singkatan dari “Liquefied Petroleum Gas” dalam Bahasa Inggris. Gas minyak cair di Indonesia biasa dipakai untuk memasak makanan dan dimasukan ke dalam tabung gas.

BACA:  Mengenal Penyebab Kaki Gajah pada Manusia

2. Bensin
Sebagian besar komponen kimia dari bensin terdiri dari senyawa organik yang diperoleh dengan distilasi fraksional minyak bumi. Bensin selain digunakan untuk menjadi bahan bakar kendaraan bermotor, terkadang juga dipakai untuk katalis untuk membakar benda lain.

 

3. Minyak Tanah
Minyak tanah memiliki sebutan lain yang bisa dipakai, mulai dari kerosin, parafin, hingga minyak lampu pijar. Nama terakhir mengacu terhadap penggunaan minyak tanah di Indonesia, di mana masyarakat kita sering memakai olahan minyak bumi ini untuk menyalakan lampu pijar. Minyak tanah juga bisa dipakai sebagai bahan bakar kendaraan.

4. Avtur
Avtur lebih banyak dipakai sebagai bahan bakar kendaraan terbang seperti pesawat atau helikopter. Avtur sendiri merupakan singkatan dari kata “aviation turbine fuel” atau jika diartikan ke Bahasa Indonesia, yaitu bahan bakar kendaraan terbang. Avtur didapatkan dari campuran berbagai jenis minyak bumi.

BACA:  Hubungan Genotip dan Fenotip pada Perkawinan dalam Biologi

5. Solar
Solar, atau biasa juga disebut sebagai diesel, merupakan hasil olahan minyak bumi yang dipakai sebagai bahan bakar kendaraan besar, seperti truk, bus, tronton, dan berbagai kendaraan besar lainnya.

6. Minyak Bakar
Cara mendapatkan minyak bakar juga serupa dengan berbagai olahan minyak bumi yang kita bahas sebelumnya. Hanya saja, beberapa molekul di dalam minyak bumi, khususnya molekul yang memiliki titik didih rendah akan dihilangkan. Molekul tersebut dapat ditemukan salah satunya pada olahan minyak bumi avtur.

 

Dampak Negatif
Selain memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, pengolahan minyak bumi juga memiliki dampak negatif, berikut penjelasannya:

1. Penyebab Utama Polusi Udara
Keberadaan polusi udara mayoritas disebabkan karena adanya hasil pembakaran yang berbentuk asap, berasal hasil olahan minyak bumi ini.

BACA:  Upaya Untuk Meredakan Konflik Antar Masyarakat Dengan Melakukan Penyesuaian Perbedaan di Segala Bidang

2. Menyebabkan Perubahan Iklim
Perubahan iklim di sekitar kita terjadi salah satunya akibat pembakaran hasil olahan minyak bumi ini, akibatnya temperatur bumi perlahan meningkat sampai di tahap es di Kutub Utara dan Kutub Selatan bisa meleleh.

3. Perlahan Merusak Ekosistem Alam Sekitar
Pencaharian minyak bumi membuat manusia merusak berbagai macam ekosistem di alam sekitar, seperti hutan, padang rumput, hingga laut. Pengeboran minya bumi di berbagai wilayah merusak ekosistem di lokasi demi pengeboran tersebut.

4. Membahayakan Makhluk Hidup Lain
Ekosistem makhluk hidup yang rusak atau hilang akibat ulah manusia, bisa menyebabkan makhluk hidup lain harus berpindah lokasi ke tempat lain.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengolahan Minyak Bumi dan Dampak Negatifnya Bagi Lingkungan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET