Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Paru-Paru

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Paru-Paru
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian dan Fungsi Paru-Paru
Paru-paru adalah sepasang organ yang memiliki tekstur kenyal dan berisi udara, dibantu oleh trakea dalam penghantaran udara. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Paru-paru mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel, ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbon dioksida dilepaskan melalui aliran darah. Organ paru-paru terlibat dalam sintesis, penyimpanan, transformasi dan degradasi zat.

Anatomi Paru-Paru
Bagian-bagian dalam Paru-paru meliputi sebgai berikut:
1. Pleura
Bagian pertama paru-paru bernama pleura. Pleura adalah membrane tipis dengan lapisan ganda yang melapisi bagian paru-paru. Lapisan yang ada pada sistem pernapasan ini akan mengeluarkan cairan. Cairan tersebut adalah pleural fluid atau bisa disebut cairan serous.

BACA:  Pengertian Batas Kovergen dalam Tektonika Lempeng Beserta Jenis-Jenisnya

Fungsi dari cairan serous adalah sebagai pelumas bagian dalam rongga pada paru-paru. Hal itu bertujuan untuk menjaga, supaya paru-paru tidak teriritasi ketika mengembang dan berkontraksi saat melakukan proses pernapasan.

2. Bronkus
Bagian selanjutnya adalah bronkus. Bronkus adalah cabang batang tenggorokan yang berada setelah tenggorokan atau trakea, dan berada sebelum paru-paru. Bronkus memiliki fungsi untuk memastikan udara masuk dengan baik, sebagai saluran udara. Udara tersebut dipastikan masuk dari trakea menuju alveolus. Bagian sistem pernapasan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri. Sehingga tidak akan menimbulkan penyakit.

3. Bronkiolus
Bagian selanjutnya yang terdapat di paru-paru adalah bronkiolus. Bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang berfungsi sebagai penyalur udara. Udara dari bronkus menuju alveoli akan disalurkan melalui bronkiolus. Selain itu, fungsi dari bronkiolus yang terdapat di paru-paru adalah untuk mengontrol jumlah udara. Udara yang masuk dan keluar akan dikontrol ketika proses bernapas sedang berlangsung.

 
BACA:  Mengetahui Proses Tekanan Sistol Pada Jantung

4. Alveoli
Alveoli adalah bagian yang terdapat di paru-paru. Alveoli adalah rongga cekung pada paru-paru yang dikelilingi oleh kapiler kecil. Alveoli berfungsi sebagai tempat oksigen dan karbon dioksida saling tukar menukar.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Paru-Paru
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET