Mengenal Unsur Natrium (Na) dan Karakteristiknya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Unsur Natrium (Na) dan Karakteristiknya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Natrium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Na dan nomor atom 11. dan merupakan logam lunak, putih keperakan, dan sangat reaktif.

Natrium adalah unsur keenam paling melimpah dalam kerak bumi, dan terdapat di banyak mineral seperti feldspar, sodalit dan halit (garam batu, NaCl). Banyak garam natrium sangat larut dalam air: ion natrium telah dilindi oleh aksi air dari mineral Bumi selama ribuan tahun, dan dengan demikian natrium Dan klorin adalah unsur terlarut yang paling umum terjadi di lautan (berdasarkan berat).

BACA:  Pengertian dan Postulat Teori Kinetik Gas

Natrium adalah logam alkali, berada pada golongan 1 tabel periodik, karena memiliki satu elektron di kulit terluarnya yang mudah disumbangkannya, menciptakan atom bermuatan positif—kation Na+. Satu-satunya isotop stabil adalah 23Na. Logam bebasnya tidak terdapat di alam, tapi harus dibuat dari senyawanya.

Karakteristik
Natrium merupakan logam reaktif yang lunak, keperakan, dan seperti lilin, yang termasuk ke logam alkali yang jumlah terdapat dalam senyawa dunia (terutama halite). Dia sangat reaktif, apinya berwarna kuning, beroksidasi dalam udara, dan bereaksi kuat dengan cairan, sehingga harus disimpan dalam minyak.

Logam natrium dapat dengan mudah dipotong menggunakan pisau dan merupakan konduktor listrik dan panas yang baik, karena hanya memiliki satu elektron pada kelopak valensinya, sehingga menghasilkan ikatan logam dan elektron bebas yang lemah, yang membawa energi.

 
BACA:  Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Bakau Beserta Manfaatnya

Massa atomnya rendah dan jari-jari atomnya panjang sehingga natrium adalah unsur logam dengan densitas paling rendah ke-3 di antara seluruh logam dan salah satu dari tiga logam yang dapat terapung di air, dua lainnya adalah litium dan kalium.

Natrium memiliki Titik lebur (98 °C) dan didih (883 °C).

Atom natrium memiliki 11 elektron, lebih banyak satu daripada konfigurasi gas mulia neon yang sangat stabil. Oleh karena itu, dan katena energi ionisasi pertamanya yang rendah pada 495,8 kJ/mol, atom natrium jauh lebih mudah kehilangan elektron terakhir dan menjadi bermuatan positif daripada mendapatkan satu elektron untuk menjadi bermuatan negatif.

Senyawa natrium memiliki kepentingan komersial yang sangat besar, terutama bagi industri yang memproduksi kaca, kertas, sabun, dan tekstil. Senyawa natrium yang paling penting adalah garam dapur (NaCl), soda abu (Na2CO3), baking soda (NaHCO3), soda api (NaOH), natrium nitrat (NaNO3), di- dan tri-natrium fosfate, natrium tiosulfat (Na2S2O3·5H2O), serta boraks (Na2B4O7·10H2O). Dalam senyawa, natrium biasanya berikatan ionik dengan air dan anion, serta dianggap sebagai sebuah asam Lewis kuat.

 
BACA:  Opini Publik: Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Unsur Natrium (Na) dan Karakteristiknya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET