Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Lempeng merupakan materi penyusun bumi pada lapisan paling atas. Lempengan bumi bisa memiliki ketabahan hingga 100 km. Dimana lempeng tektonik yang tak stabil serta akan terus bergerak tersebut juga masuk ke dalam bagian dari litosfer, lapisan bumi paling luar yang juga kerap disebut dengan istilah kulit bumi.

Lempeng tektonik terdiri dari dua kata yang memiliki arti berbeda. Lempeng adalah bagian yang menjadi penyusun materi pada area bumi paling atas. Sebagian besar lempeng bumi akan memiliki ketabahan hingga mencapai 100 km. Sedangkan untuk kata tektonik memiliki arti suatu proses pergerakan pada area kerak bumi yang dapat menimbulkan lekukan, lipatan, patahan yang bisa mengakibatkan kondisi tinggi rendahnya permukaan bumi.

BACA:  Mengenal Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin dan Perjuangannya

Lempeng tektonik adalah bagian paling atas bumi yang akan mengalami proses pergerakan hingga menimbulkan tinggi rendahnya suatu permukaan bumi. Hal inilah yang akan memberikan pengaruh terhadap permukaan bumi yang lebih dinamis.

Jenis-Jenis Lempeng Tektonik
Pergerakan lempeng tektonik dibedakan menjadi tiga jenis. Mulai dari pergerakan divergen, pergerakan konvergen dan juga pergerakan transform. Berikut penjelasannya:

1. Pergerakan Divergen
Pergerakan atau batas divergen juga dapat disebut sebagai zona pertambahan maupun proses pembentukan lempeng baru. Dimana batas divergen juga merupakan zona yang mengalami proses pergerakan lempeng yang saling menjauh satu sama lain. Oleh karena itu, pada bagian kosong yang disebabkan oleh pergerakan lempeng menjauh akan diisi oleh mantel bumi pada lapisan litosfer.

 
BACA:  Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup

2. Lempeng Konvergen
Berikutnya ada pergerakan atau batas konvergen yang juga merupakan suatu zona penghancuran atau pengkonsumsian. Pada kondisi ini, nantinya lempeng pada permukaan bumi akan saling mendekat antara satu sama lain. Dimana aka nada satu lempeng yang akan masuk menghujam dan menembus mantel hingga lempeng tersebut bisa mengalami peleburan atau penghancuran suhu tinggi.

3. Gerakan Transform
Pergerakan atau batas transform juga bisa disebut sebagai batas geser (shear boundary). Hal ini karena pada batas transform tidak memiliki litosfer yang dihancurkan atau tidak adanya litosfer yang baru diciptakan. Lempeng akan cenderung bergerak secara lateral atau mendarat antara satu sama lainnya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET