Mengetahui Apa itu Pengertian Respirasi Meliputi Laju Respirasi dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Apa itu Pengertian Respirasi Meliputi Laju Respirasi dan Fungsinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Respirasi
Respirasi adalah proses menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Proses respirasi umumnya memecah molekul gula sederhana menjadi karbon dioksida, uap air dan energi.

Respirasi adalah proses oksidasi yang dialami SET sebagai unit penyimpan energi kimia pada organisme hidup. SET, seperti molekul gula atau asam lemak, dapat dipecah dengan bantuan enzim dan beberapa molekul sederhana. Karena proses ini adalah reaksi eksoterm (melepaskan energi), energi yang dilepas ditangkap oleh ADP atau NADP membentuk ATP atau NADPH.

BACA:  Mengenal Teori Asam Basa Arrhenius dalam Ilmu Kimia

Laju Respirasi
Laju respirasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
1. Ketersediaan substrat.
Tersedianya substrat pada tanaman merupakan hal yang penting dalam melakukan respirasi. Tumbuhan dengan kandungan substrat yang rendah akan melakukan respirasi dengan laju yang rendah pula. Demikian sebaliknya bila substrat yang tersedia cukup banyak maka laju respirasi akan meningkat.Ketersediaan Oksigen.

Ketersediaan oksigen akan mempengaruhi laju respirasi, tetapi besarnya pengaruh tersebut berbeda bagi masing-masing spesies dan bahkan berbeda antara organ pada tumbuhan yang sama. Fluktuasi normal kandungan oksigen di udara tidak banyak mempengaruhi laju respirasi, karena jumlah oksigen yang dibutuhkan tumbuhan untuk berrespirasi jauh lebih rendah dari oksigen yang tersedia di udara.

BACA:  Pengertian Sinonim Meliputi Jenis dan Manfaatnya dalam Tata Bahasa

2. Suhu.
Pengaruh faktor suhu bagi laju respirasi tumbuhan sangat terkait dengan faktor Q10, dimana umumnya laju reaksi respirasi akan meningkat untuk setiap kenaikan suhu sebesar 10 oC, tetapi hal ini tergantung pada masing-masing spesies.

 

Tipe dan umur tumbuhan. Masing-masing spesies tumbuhan memiliki perbedaan metabolsme, dengan demikian kebutuhan tumbuhan untuk berespirasi akan berbeda pada masing-masing spesies. Tumbuhan muda menunjukkan laju respirasi yang lebih tinggi dibanding tumbuhan yang tua. Demikian pula pada organ tumbuhan yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Fungsi Respirasi
Dalam proses respirasi terdapat banyak fungsi. Selain membantu kamu dalam menarik nafas dan menghembuskan napas, fungsi lain dari respirasi berupa:

  1. Memungkinkan untuk dapat berbicara dan mencium.
  2. Menghangatkan udara agar kemudian lebih sesuai dengan suhu tubuh.
  3. Melembabkan tubuh kepada tingkat kelembapan yang kemudian dibutuhkan.
  4. Memberikan oksigen ke dalam sel-sel dalam tubuh.
  5. Menghilangkan gas limbah, termasuk diantaranya karbon dioksida, dari tubuh saat menghembuskan napas.
  6. Melindungi saluran udara dari berbagai zat berbahaya dan iritasi.
BACA:  Bagaimana Jika Bayi yang Dilahirkan Tidak Mampu Memproduksi Enzim Laktase, Bagaimana Cara Agar Bayi Tetap Mendapatkan Nutrisi yang Mencukupi Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Apa itu Pengertian Respirasi Meliputi Laju Respirasi dan Fungsinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET